Jawa Pos

Ikan Koi dalam Tetes Air

-

SURABAYA – Bagi sebagian orang, ikan koi adalah simbol keberuntun­gan, rezeki, dan umur panjang. Tak salah jika ikan itu menjadi peliharaan yang digemari. Segala hal yang berkaitan dengan ikan koi pun menjadi buruan para penggemarn­ya.

Salah satunya adalah lukisan ikan koi. Pelukis asal Jogjakarta, Aan Gunawan, menjadikan ikan koi sebagai objek utama dalam 16 karyanya yang dipamerkan di lobi Pullman Hotel and Resorts Surabaya kemarin (4/4). Aan mengombina­sikannya dengan ciri khas berupa gambar tetesan air.

Lewat latar sebuah kain perca warna-warni, alumnus ISI Jogjakarta itu membawa gambar ikan koi dalam dunia yang berbeda. Tak ada kolam, pemandanga­n alam, ataupun kehidupan dalam air. Hanya tetesan air di atas kain perca.

Maknanya, koi diibaratka­n setetes air. Memberikan kehidupan dan rezeki. Serta selalu dinanti dan dicari manusia di bumi. ’’Tanpa air, tidak ada kehidupan. Sebagian orang menggaggap koi juga seperti itu,’’ ucapnya.

Kain perca diumpamaka­n kelas-kelas manusia yang berbeda. Dengan warna-warna yang berbeda untuk setiap lukisannya, Aan ingin membawa penikmat seni masuk ke fragmen-fragmen warna yang beragam. ’’Biar tidak terjebak stigma warna. Misalnya, daun selalu berwarna hijau. Padahal, tidak begitu nyatanya,’’ tegas Aan.

Yoesi Bagus Taruna, executive assistant manager Pullman Hotel and Resorts Surabaya, menyatakan mendukung apa pun yang dilakukan Aan. Yoesi menambahka­n bahwa Aan adalah tipikal seniman yang mempunyai karakter. Konsistens­i karyanya yang selalu menghadirk­an tetesan air membuktika­n bahwa Aan bukanlah seniman biasa. (rid/c14/any)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia