Jawa Pos

Harga Minyak RI Melonjak

-

JAKARTA – Harga minyak Indonesia mulai merangkak naik seiring dengan kondisi pasar global yang menguat. Ditjen Migas Kementeria­n ESDM menyebutka­n bahwa Indonesia crude

(ICP) untuk Maret adalah USD 34,19 per barel. Angka itu naik tinggi jika dibandingk­an dengan harga Februari yang dipatok USD 28,92 per barel.

Dirjen Migas Wiratmaja Puja mengungkap­kan, harga tersebut melejit USD 5,27 per barel atau lebih tinggi bila dibandingk­an dengan kenaikan harga pada Januari ke Februari yang hanya USD 1,43 per barel. ’’Kenaikan yang sama terjadi untuk minyak minas/SLC, kini USD 33,82 per barel,’’ ujarnya kemarin (5/4).

Akibatnya, harga minyak Indonesia terus menanjak sejak awal tahun. Harga saat ini hampir menyentuh ICP pada Desember yang mencapai USD 35,47 per barel.

Wirat menyatakan, peningkata­n harga minyak mentah Indonesia sejalan dengan perkembang­an harga di pasar internasio­nal. Beberapa faktor utama yang mengakibat­kan kenaikan harga adalah menurunnya produksi minyak mentah pada Februari. Berdasar data OPEC pada Maret, ada penurunan suplai minyak mentah dunia 0,21 juta barel per hari. Artinya, produksi hanya 95,73 juta barel per hari.

Merujuk laporan Internatio­nal Energy Agency (IEA), pada Maret lalu ada penurunan suplai minyak mentah dari negara OPEC sampai 90 ribu barel per hari. ’’Penurunan produksi oleh Iraq, Nigeria, dan Uni Emirat Arab serta penahanan produksi oleh Arab Saudi,’’ ungkap Wirat.

Faktor lain yang ikut memicu kenaikan harga minyak adalah pernyataan menteri perminyaka­n Qatar. Dalam waktu dekat, ada pertemuan dengan negara-negara produsen minyak anggota OPEC maupun luar. Rencananya, pertemuan itu diadakan pada 17 April nanti di Doha.

’’Didiskusik­an rencana penahanan tingkat produksi,’’ tuturnya. Pertemuan tersebut dikabarkan diikuti 15 negara yang menguasai 73 persen suplai minyak mentah dunia. Selain itu, harga minyak dipengaruh­i nilai tukar USD terhadap enam mata uang mayoritas dunia yang menurun.

Untuk wilayah Asia-Pasifik, Wirat menjelaska­n bahwa ada penyebab tambahan lainnya. Misalnya, meningkatn­ya impor minyak mentah Tiongkok dari Kuwait 2,1 persen menjadi 250 ribu barel per hari kalau dibandingk­an bulan sebelumnya. Lantas, meningkatn­ya utilisasi kilang di Jepang 1 persen menjadi 543.509 kl per hari.

Untuk rata-rata harga minyak mentah internasio­nal, Ditjen Migas mencatat adanya peningkata­n harga. Minyak jenis WTI (Nymex) naik dari USD 30,62 per barel menjadi USD 37,99 per barel. Harga jenis Brent (ICE) melonjak dari USD 33,53 per barel menjadi USD 39,79 per barel. Harga OPEC Basket meningkat dari USD 28,72 per barel menjadi USD 34,64 per barel. (dim/c14/oki)

 ??  ??
 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? PENGURUS BARU: Rosan Roeslani (berdiri) bersama Ketua DPR Ade Komarudin (kiri), Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Menko Perekonomi­an Darmin Nasution saat pengukuhan pengurus Kadin periode 2015–2020 di Jakarta kemarin.
price
HENDRA EKA/JAWA POS PENGURUS BARU: Rosan Roeslani (berdiri) bersama Ketua DPR Ade Komarudin (kiri), Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Menko Perekonomi­an Darmin Nasution saat pengukuhan pengurus Kadin periode 2015–2020 di Jakarta kemarin. price

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia