Jawa Pos

Hujan Deras, Banjir Bandang, Plengsenga­n Ambrol

-

BLITAR – Hujan deras yang mengguyur Kota Blitar pada Minggu malam lalu (3/4) mengakibat­kan banjir bandang di sejumlah lokasi. Lantas, banjir bandang tersebut merusak sejumlah infrastruk­tur. Salah satunya, plengsenga­n Kali Tengah di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenki­dul, ambrol.

Berdasar data dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Blitar, ada beberapa infrastruk­tur yang rusak pascabanji­r bandang itu. Yakni, plengsenga­n di Kelurahan Sentul serta drainase di Kelurahan Tanjungsar­i dan Kelurahan Pakunden.

’’Di tiga kelurahan tersebut, ada kerusakan infrastruk­tur di beberapa titik. Plengsenga­n ambrol terjadi di lebih dari tiga tempat,’’ tutur Kepala BLH Kota Blitar Pande Suryadi kemarin (5/4).

Menurut dia, ambrolnya sejumlah plengsenga­n tersebut disebabkan tergerus air sungai. Sebab, setelah hujan lebat, debit air di seluruh sungai dan drainase di Kota Blitar meningkat drastis hingga bahkan meluber ke jalan dan permukiman. ’’Nah, derasnya air sungai itu membuat fondasi plengsenga­n tergerus hingga ambrol,’’ jelasnya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya mendata bangunan milik pemerintah yang rusak. Nanti data kerusakan itu diserahkan ke dinas terkait untuk diajukan anggaran. ’’Intinya, kerusakan tersebut harus diperbaiki,’’ katanya.

Meski demikian, pihaknya belum mengetahui jumlah atau besar anggaran yang akan dialokasik­an untuk perbaikan plengsenga­n. ’’Sebab, perbaikan bukan kewenangan kami. Jadi, kami tidak tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan,’’ ucapnya.

Berdasar pantauan koran ini, kondisi plengsenga­n yang ambrol di Kelurahan Sentul cukup parah. Plengsenga­n dua tingkat sepanjang sekitar 10 meter itu ambrol ke sungai.

Dalam insiden tersebut, tidak ada korban jiwa. Sebab, saat kejadian itu berlangsun­g, lokasi tersebut sepi. ’’Kejadianny­a sekitar pukul 18.30 dan Taman Sentul saat itu sepi pengunjung,’’ ucap Sutiyono, warga setempat, kemarin. (ful/ziz/c19/dwi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia