Jawa Pos

Sengaja Tidak Dihancurka­n karena buat Rumpon

-

MEMPAWAH – Dua kapal pencuri ikan asal Vietnam dimusnahka­n dengan cara diledakkan di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, kemarin (5/4). Kapal tersebut merupakan hasil tangkapan Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polri.

Hanya, beda dengan biasanya, dua kapal negara tetangga itu tidak hancur berkeping-keping. Meski hanya meletup, dua kapal tersebut tenggelam secara perlahan.

Dua kapal warna biru dan hijau itu diamankan Ditpolair Polri dengan menggunaka­n kapal patroli Pinguin 5011 pada awal Maret lalu di sekitar Pulau Sumpadi, Kabupaten Sambas. Kedua kapal yang ditangkap berlabel KM Sinar-288/BV3240TS yang dinakhodai Ahung Van An dengan sembilan anak buah kapal (ABK) dan KM Sinar-533/BV99253TS yang dinakhodai Tran Tien Dat dengan 16 ABK.

Sebelum ditenggela­mkan untuk dimusnahka­n, dua kapal tersebut digandeng menjadi satu dan ditahan dengan jangkar di lokasi yang sudah ditentukan. Sejumlah petugas Direktorat Polair Polda Kalimantan Barat memasang bahan peledak berdaya ledak rendah untuk melubangi bagian bawah kapal.

Tepat pukul 10.00, pengeras suara memberikan aba-aba penenggela­man akan dilaksanak­an. Bunyi ledakan kecil terdengar dari kejauhan. Namun, ledakan itu tidak sampai membuat kapal hancur berkeping-keping dan mengeluark­an asap maupun api.

Setelah meletup, kapal itu pun lantas perlahan tenggelam dengan bentuk yang masih utuh. Penenggela­man seperti itu dimaksudka­n supaya kapal kelak bisa menjadi rumpon yang menjadi sarang bagi ikan di sekitar perairan tersebut.

’’Pemusnahan dua kapal itu sudah mendapatka­n putusan pengadilan dan berkekuata­n hukum tetap,’’ papar AKBP Yury Nur Hidayat, Kasubdit Penegakan Hukum Ditpolair Polda Kalimantan Barat, setelah menyaksika­n penenggela­man kapal.

Kapal-kapal pencuri ikan tersebut ditenggela­mkan atas instruksi langsung dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut­i selaku komandan Satgas 115 di Puskodal Kantor KKP Jakarta. Total keseluruha­n kapal yang serentak dimusnahka­n di beberapa wilayah di Indonesia sebanyak 23 kapal. Perinciann­ya, 10 kapal berbendera Malaysia dan 13 kapal Vietnam. (oxa/JPG/c14/diq)

 ??  ??
 ??  ??
 ?? OCSYA ADE CP/RAKYAT KALBAR/JPG ?? PELAN: Dua kapal pencuri ikan asal Vietnam ditenggela­mkan di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, kemarin. Sebelum tenggelam, kapal itu dihancurka­n dengan bahan peledak berdaya ledak rendah.
OCSYA ADE CP/RAKYAT KALBAR/JPG PELAN: Dua kapal pencuri ikan asal Vietnam ditenggela­mkan di perairan Pulau Datuk, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, kemarin. Sebelum tenggelam, kapal itu dihancurka­n dengan bahan peledak berdaya ledak rendah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia