Jawa Pos

Rp 16 M untuk Mobil Dewan

Beralasan Bisa Menunjang Kinerja

-

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) jor-joran membeli mobil dinas (mobdin) dewan. Tujuannya, menunjang kinerja wakil rakyat dalam hal kedinasan.

’’Pengadaan mobdin dewan itu memang tahun ini ada di kami dengan anggaran sekitar Rp16 miliar untuk 37 unit dari yang diminta 41 unit,’’ terang Karo Umum Setda Kalteng Ridwan Manurung kepada Kalteng Pos ( Jawa Pos Group) kemarin (5/4).

Menurut dia, pengadaan mobdin tersebut akan mengikuti mekanisme berdasar katalog. Selain itu, spesifikas­inya disesuaika­n dengan kebutuhan dan anggaran. ’’Kami masih melihat jenis dan spesifikas­i apa yang cocok untuk mobdin tersebut. Namun, belum pasti mana yang dipilih,’’ ungkapnya.

Dia menyatakan, 37 unit tersebut sudah termasuk untuk ketua dan wakil-wakilnya. Alasannya, tambah Ridwan, mereka wajib mendapat fasilitas itu dan setara dengan sekretaris daerah (Sekda) dengan jabatan eselon II.

Menanggapi keluhan salah seorang anggota DPRD Kalteng tentang pengadaan mobdin yang dipersulit atau penganggar­annya dibintangi, Ridwan menjelaska­n, berdasar aturan Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri), ada beberapa proses terkait dengan permasalah­an itu. Pihaknya, tambah dia, ingin hal tersebut langsung disampaika­n ke Sekretaria­t Dewan Kalteng.

Biaya pengadaan mobdin dewan tersebut, lanjut Ridwan, akan diambilkan dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) perubahan yang nanti menjadi tanggung jawab dewan untuk masalah administra­si. Sebab, pengadaan mobdin ditujukan untuk memfasilit­asi para dewan. Yang berhak mencatat asetnya adalah Sekwan.

’’ Nanti jadi jelas siapa yang mengelola setelah ada pengadaan tersebut sehingga tidak bingung. Nanti mereka bisa mengelola dan mendata sesuai aturan,’’ lanjut Ridwan.

Sementara itu, asisten IV Bidang Administra­si Umum yang juga Plt Karo Keuangan Setda Kalteng Susi menerangka­n, penganggar­an mobdin dewan tersebut tidak berada di biro keuangan, melainkan di biro umum. Dia tidak tahu persis seperti apa mekanismen­ya. (ari/jpg/c5/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia