Jawa Pos

Wujudkan Pasukan Idaman

-

LONDON – Setelah resmi meneken kontrak sebagai manajer baru Chelsea, Antonio Conte mulai merancang strategi untuk membentuk tim. Yang pertama tentu saja adalah memikirkan formasi inti. Dengan formasi back three, baik 3-5-2 maupun 3-4-3, Conte memerlukan para pemain yang mampu menyatu dengan taktik yang diinginkan­nya.

Media-media Inggris pun mulai mengembusk­an spekulasi pemain yang masuk dalam bidikan eks allenatore Juventus tersebut. Di lini belakang, bek Juve Leonardo Bonucci dan palang pintu AS Roma Kostas Manolas termasuk yang dibidik Conte.

Berkat pengalaman bekerja sama dengan Conte pada 2011–2014 maupun ketika memperkuat Italia, Bonucci menjadi kepingan utama untuk menyuksesk­an formasi tiga bek. Bonucci bakal berkolabor­asi dengan Manolas dan bek muda Chelsea berkebangs­aan Prancis Kurt Zouma.

Di lini tengah, Radja Nainggolan adalah buruan Conte. Gelandang AS Roma itu akan diduetkan dengan Paul Pogba. Dalam kacamata pengamat sepak bola Italia Augusto De Bartolo, keduanya memegang kunci penting dalam permainan Chelsea ke depan.

Bartolo menjelaska­n, di Juve, untuk menunjang permainan Pogba serta menyeimban­gkan filosofi tim, Conte memiliki Andrea Pirlo dan Arturo Vidal, serta Claudio Marchisio sebagai pelapis. Jika jadi membeli Pogba, Conte tentu akan mencari tipe pemain yang sama saat melatih di Juve. ’’Itu tentu saja Nainggolan yang sejak lama dikagumi Conte,’’ terang Bartolo kepada Sky Sport Italia.

Untuk menambah daya gedor, pengamat Sky Sport Paul Merson menyatakan bahwa Conte tidak bisa mengandalk­an Diego Costa. Karena itu, beberapa bomber kelas dunia mampir dalam pengamatan­nya. Gonzalo Higuain menjadi kandidat kuat setelah penyerang Paris Saint-Germain (PSG) Edinson Cavani.

Banyaknya pemain yang diincar Conte itu tentu bakal membuat kantong owner The Blues –julukan Chelsea– Roman Abramovich terkuras hebat. Karena itu, mereka harus menjual beberapa pemain bintang. Merson menyebut Eden Hazard sebagai pemain paling tepat dimasukkan dalam daftar lego. Padahal, ketika didatangka­n dari Lille pada 2012, Hazard merupakan pemain sentral di Chelsea.

Namun, sikap Hazard yang sempat bersitegan­g dengan Jose Mourinho dan niatnya bergabung dengan PSG membuat Conte harus berpikir dua kali jika berniat memasukkan gelandang serang timnas Belgia tersebut dalam rencana jangka panjang. ’’Kalau ada tim yang menawar lebih dari GBP 60 juta (sekitar Rp 1,12 triliun), aku sudah tentu akan mendengark­an tawaran mereka,’’ papar Merson sebagaiman­a dilansir Sky Sports.

Mantan manajer Newcastle United dan Blackburn Rovers Graeme Souness mewanti-wanti agar Conte tidak sampai menjual John Terry. Sebab, Terry bukan hanya kapten tim. Dia adalah sosok yang berpengaru­h besar di ruang ganti Chelsea. Souness merekomend­asikan agar kontrak Terry yang habis pada musim panas ini diperpanja­ng.

’’Conte bisa menghambur­kan puluhan juta pounds untuk mendapatka­n bek tengah terbaik. Namun, dia tentu tidak akan bisa menjadi pemain penting di ruang ganti. Karena itu, jangan kesampingk­an Terry,’’ tutur Souness kepada Sky Sports.

Sementara itu, eks manajer Sunderland Paolo Di Canio berharap Conte tidak melupakan hal penting. Apa itu? ’’Dia harus menggaet asisten asli Inggris yang berpengala­man. Itu sangat membantu,’’ ungkapnya kepada London Evening Standard.

Di Canio menuturkan, dengan atmosfer Premier League yang begitu ketat, sangat penting memiliki asisten asli Inggris yang berkharism­a serta mampu berkomunik­asi dengan baik kepada para pemain. (apu/c14/ca)

 ?? ALESSANDRO GAROFALO/REUTERS ?? IDOLA: Antonio Conte melayani permintaan foto bareng sebelum laga uji coba antara Italia melawan Spanyol.
ALESSANDRO GAROFALO/REUTERS IDOLA: Antonio Conte melayani permintaan foto bareng sebelum laga uji coba antara Italia melawan Spanyol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia