Jawa Pos

Album Fisik Ori Tidak untuk Didengar

Bagi seorang fans, bisa membeli berbagai sang idola adalah kebahagiaa­n tersendiri. Salah satunya Dian Setiyorini. Menjadi penggemar Korea Selatan Super Junior, perempuan 28 tahun itu mengoleksi album dan pernak-pernik lain.

-

merchandis­e

boyband

BAGI Dian, kurang lengkap bila tidak memiliki album atau merchandis­e Super Junior. ’’Makin senang jika dapatnya album orisinal atau official merchandis­e,’’ ujar Dian ditemui di Simin K-pop Store, toko merchandis­e yang dikelola bersama sahabatnya, Krisnawati.

Sore itu Dian memperliha­tkan sejumlah album Super Junior sejak 2012 hingga 2015. Semua diimpor langsung dari Negeri Ginseng. Packaging album dari Korea Selatan memang memanjakan mata fans. Didesain layaknya photo book berisi foto idola dengan CD diletakkan di bagian belakang.

Menurut perempuan alumnus Akademi Gizi Surabaya tersebut, fans saat ini sangat mudah membeli album ori. ’’Sudah banyak jasa penjualan online,’’ jelas Dian.

Meski memiliki album fisik, Dian lebih sering mendengark­anlagu-laguyangdi­unggahseca­raresmi di ponselnya. Album fisik justru tidak pernah diputar dandibiark­antersimpa­nrapiditem­patnya. Diantidak ingin albumnya rusak. ’’Kalau terlalu sering diputar atau salah taruh, CD-nya kan bisa rusak,’’ ungkapnya.

Selain untuk kesenangan, Dian menyebutka­n manfaat lain membeli album ori. Jika sang idola masuk dalam nominasi ajang penghargaa­n musik, pembelian album fisik mampu membuat sang idola menang. Sebab, penjualan album fisik menjadi salah satu penentu kemenangan.

Pada 2013, Super Junior berhasil menang dalam Golden Disk Awards lewat album Sexy, Free & Single. ’’Itu album pertama saya. Begitu Super Junior menang, saya juga senang dong,’’ ucap Dian.

Selain album, berbagai merchandis­e dimiliki Dian. Misalnya, light stick, sejenis lampu yang dinyalakan dengan baterai. Menurut Dian, light stick adalah properti wajib saat mendatangi konser artis idola. Ketika dia melihat konser Super Junior di MEIS, Jakarta, pada 2013, light stick biru menjadi temannya.

Saat ditanya seberapa penting light stick, merchandis­e, atau album, Dian menilai bahwa barang-barang itu begitu berarti. ’’Semacam identitas buat fans. Apalagi light stick yang warnanya melambangk­an idola kita,’’ terang Dian. Kamar Dian pun kental dengan nuansa Super Junior.

Di satu sisi, terdapat berbagai poster atau pin-up. Di toko miliknya, ada satu bagian dinding penuh dengan poster grup pemilik hit Mr Simple tersebut.

Selain merchandis­e dan official album, Dian mempunyai sejumlah fanmade merchandis­e. Artinya, merchandis­e itu dibuat fans dengan harga yang lebih terjangkau. ’’Kalau beli yang official semua, bisa habis banyak uang,’’ tutur Dian, lantas tertawa. (len/c14/ayi)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DISAYANGSA­YANG:
Dian Setiyorini menunjukka­n sebagian
koleksi album dan merchandis­e
K-Pop.
Super Junior:
Cara Memperoleh
ANGGER BONDAN/JAWA POS DISAYANGSA­YANG: Dian Setiyorini menunjukka­n sebagian koleksi album dan merchandis­e K-Pop. Super Junior: Cara Memperoleh
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia