Jawa Pos

Rayakan Lima Dekade lewat Exhibition­ism

-

LONDON – Band legendaris The Rolling Stones masih membara. Kiprah band rock Inggris tersebut telah melewati setengah abad. Rata-rata usia personelny­a telah menyentuh 70 tahun. Namun, mereka tetap punya energi untuk menapaki panggung demi panggung.

Setelah sukses melaksanak­an konser gratis di Kuba pada 25 Maret lalu, band beranggota Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, dan Ronnie Wood itu mengadakan pameran memorabili­a 54 tahun berkarir. Pergelaran bertajuk itu dibuka di Saatchi Gallery, London, sejak kemarin (5/4). Pameran yang berlangsun­g hingga 4 September tersebut memajang lebih dari 500 ’’ barang peninggala­n’’ yang disebar di sembilan ruangan tematik.

Acara pembukaan pameran tersebut berlangsun­g meriah. Keempat personel tampil rapi dalam setelan tuksedo. Abaikan kerutanker­utan di wajah mereka. Dari umur, mereka memang sudah tua. Tapi, soal penampilan, mereka tetap punya gaya masa kini.

Pada awal acara, mereka bahkan berkelilin­g di luar area pameran sambil memberikan tanda tangan buat para fans. Acara makin ramai karena tiap personel mengajak serta keluarga. Dua anak Jagger, Georgia May dan James, hadir. Keduanya kompak mengenakan pakaian bernuansa gelap.

Wood hadir bersama istrinya, Sally. Perempuan yang dinikahi pada 2012 itu tengah mengandung anak kelima Wood yang diperkirak­an kembar. Pasangan berbeda usia 31 tahun tersebut juga ditemani putra ketiga Wood, Tyrone.

Eks basis The Rolling Stones Bill Wyman juga datang ke pameran tersebut. Kehadiran personel yang bergabung sejak 1962 hingga 1993 itu bak rombongan karnaval. Dia membawa empat anggota keluargany­a dengan pakaian beraneka warna.

Jagger mengaku telah memimpikan pameran itu. ’’Ide tersebut kembali muncul saat kami merencanak­an konser tur Amerika Selatan. Menurutku, inilah waktu yang paling pas,’’ ucap vokalis yang punya gaya eksentrik tersebut.

Mereka juga akan merilis album baru. ’’Lagulaguny­a bernuansa blues. Saat kami mendengark­annya berulang-ulang, rasanya wow, ini kami banget,’’ tutur Wood. Calon album ke25 tersebut akan dirilis tahun ini. (Telegraph/ Rolling Stone/Billboard/fam/c11/jan)

 ?? FOTO-FOTO: JOEL RYAN/INVISION/AP ?? PENUH ENERGI: Personel The Rolling Stones, dari kiri, Charlie Watts, Ronnie Wood, Mick Jagger, dan Keith Richards di London Senin lalu (4/4).
Exhibition­ism
FOTO-FOTO: JOEL RYAN/INVISION/AP PENUH ENERGI: Personel The Rolling Stones, dari kiri, Charlie Watts, Ronnie Wood, Mick Jagger, dan Keith Richards di London Senin lalu (4/4). Exhibition­ism

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia