Jawa Pos

Menpora Beri Lampu Hijau ISC

BOPI Ragukan Kickoff Sesuai Jadwal

-

JAKARTA – Kompetisi Indonesia Soccer Championsh­ip (ISC)-A 2016 yang digagas PT Gelora Trisula Semesta (PT GTS) dipastikan berjalan

Sebab, pemerintah lewat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi juga mulai memberikan respons positif agar kompetisi terobosan pengganti Indonesia Super League (ISL) itu bisa segera digelar.

’’Intinya, pemerintah ingin ada kompetisi jangka panjang agar klub-klub tanah air bisa beraktivit­as dan para pemain juga bisa terus bermain bola,’’ kata Imam Nahrawi tadi malam. Bahkan, secara eksplisit, menteri asal Partai Kebangkita­n Bangsa itu memberikan dukungan kepada ISC yang digelar 15 April nanti. ’’Kami berikan lampu hijau ISC untuk segera digelar,’’ tegasnya.

Menurut Imam, pemerintah memang harus mendukung penuh kompetisi. Sebab, dari kacamata pemerintah, masyarakat sepak bola tanah air sudah sangat merindukan tim kebanggaan mereka bermain di kandang sendiri. Maklum, selama ini publik sepak bola hanya disuguhi sejumlah turnamen dengan sistem home tournament.

Kondisi tersebut yang membuat banyak suporter harus merelakan tim kebanggaan mereka berlaga di kota lain. Nah, problem itu bisa terjawab lewat kompetisi jangka panjang. ’’Selain itu, kami ingin mengukur sejauh mana tim-tim sudah berbenah dan telah melakukan reformasi tata kelola sepak bola tanah air,’’ paparnya.

Sinyal bagus dari pemerintah tersebut langsung mendapat respons positif dari PT GTS selaku operator. Ratu Tisha Destria, direktur kompetisi dan regulasi PT GTS, mengungkap­kan, sudah saatnya semua pihak bekerja sama mendukung ISC. ’’Sebab, di titik inilah sepak bola tanah

Menteri Pemuda dan Olahraga

Imam Nahrawi

air diukur. Apakah kita bisa bangkit atau menyerah pada keadaan,’’ jelasnya.

Tisha menambahka­n, pihaknya sedang berjuang keras agar kickoff bisa berlangsun­g tepat waktu, yaitu 15 April mendatang. Sebab, itu adalah salah satu jaminan yang mereka berikan kepada pihak sponsor. ’’Karena kejelasan jadwal kompetisi itu juga berkaitan dengan kepercayaa­n kami terhadap sponsor dan juga klub,’’ ungkap Tisha.

Di sisi lain, Heru Nugroho, Sekjen Badan Olahraga Profesiona­l Indonesia (BOPI), menyatakan, pihaknya tidak begitu yakin ISC-A bisa bergulir sesuai jadwal. Sebab, sampai saat ini, PT GTS belum juga memenuhi syarat yang diminta BOPI. Salah satu syarat utama adalah mereka harus meminta rekomendas­i dari Tim Transisi PSSI.

’’Dan, syarat itu belum juga dipenuhi pihak operator sampai saat ini. Padahal, rencana mereka menggulirk­an kompetisi tinggal menghitung hari,’’ kata Heru. (ben/c17/ko)

 ?? BAYU EKA NOVANTA ?? BUKTI JUARA: CEO Arema Cronus Iwan Budianto (kiri) menyerahka­n Piala Bhayangkar­a kepada Presiden Arema Cronus Rendra Krisna di Pendapa Kabupaten Malang kemarin (5/4).
dule.
BAYU EKA NOVANTA BUKTI JUARA: CEO Arema Cronus Iwan Budianto (kiri) menyerahka­n Piala Bhayangkar­a kepada Presiden Arema Cronus Rendra Krisna di Pendapa Kabupaten Malang kemarin (5/4). dule.
 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? on the sche-
WAHYUDIN/JAWA POS on the sche-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia