Jawa Pos

BMX Kejar Poin di Tiga Event

-

JAKARTA – Perjuangan para

BMX Indonesia untuk bisa tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 cukup berat. Tetapi, dengan sisa waktu yang masih ada, Elga Kharisma Novanda dan Tony Syarifudin diharapkan bisa dalam tiga event yang diproyeksi­kan oleh PB ISSI. Di antaranya, Thailand Cup, World Championsh­ip di Kolombia, dan Asian BMX Championsh­ip di Tiongkok.

Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari berharap dua wakil Indonesia itu bisa lolos ke Olimpiade. ”Harapannya, mereka bisa terjun di tiga event besar itu dan mencetak prestasi yang bagus,” katanya kemarin (5/4). ”Kalau

dapat poin, kan secara otomatis juga mendongkra­k peringkat negara dalam kualifikas­i Olimpiade,” imbuhnya.

Untuk lolos ke Brasil, setidaknya Indonesia wajib berada di peringkat ke-13 dunia. Saat ini sektor putra menempati peringkat ke19, sedangkan sektor putri berada di ranking ke-21 dunia.

Tetapi, itu adalah data yang dilansir Maret lalu. Sedangkan Elga baru saja tampil excellent di Banyuwangi BMX Internasio­nal akhir pekan lalu. Dia finis terdepan di kategori women’s elite dan menyumbang­kan 50 poin. Peringkat Indonesia bisa naik lagi jika hasil kejuaraan tersebut diakumulas­ikan.

Satlak Prima sejatinya pesimistis dengan peluang BMX lolos ke Olimpiade. Meski begitu, PB ISSI tetap berkomitme­n mendukung Elga dan Tony untuk bisa mengikuti tiga event tersebut.

Kabidbinpr­es PB ISSI Sugeng Suhartono mengatakan, pihaknya mencoba realistis soal peluang ke Rio. Hanya, dia enggan meredupkan semangat para rider binaannya untuk tetap berjuang mendapatka­n tiket di multievent paling prestisius di dunia tersebut.

”Program latihan terus berjalan. Kami sudah mendapatka­n arahan dari PB ISSI untuk mengawal anak-anak di event internasio­nal,” jelasnya. Tahun ini PB ISSI diproyeksi­kan bisa menggelar enam event. Setelah Banyuwangi, Siak dan Jogjakarta bakal menjadi tuan rumah. (nap/c11/na)

 ?? PBSI FOR JAWA POS ?? PESAING KUAT: Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Gideon Marcus Fernaldi tampil di final India Superserie­s. Mereka bersaing dengan Angga Pratama dan Ricky Karanda.
rider
rider
all-out
PBSI FOR JAWA POS PESAING KUAT: Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Gideon Marcus Fernaldi tampil di final India Superserie­s. Mereka bersaing dengan Angga Pratama dan Ricky Karanda. rider rider all-out
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? MAKSIMALKA­N: Elga Kharisma Novanda memacu sepeda di kategori women’s elite Banyuwangi Internatio­nal Sabtu lalu (2/4).
GALIH COKRO/JAWA POS MAKSIMALKA­N: Elga Kharisma Novanda memacu sepeda di kategori women’s elite Banyuwangi Internatio­nal Sabtu lalu (2/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia