Jawa Pos

Pembuktian Dua Ganda Pelapis

Angga/Ricky dan Kevin/Gideon Berebut ke Olimpiade

-

JAKARTA – Hanya ada dua pasangan ganda putra yang bakal mewakili Indonesia dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Satu slot sudah pasti menjadi milik Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Satu lagi diperebutk­an Angga Pratama/ Ricky Karanda Suwardi serta Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi.

Nah, salah satu ladang pembuktian bagi dua ganda pelapis tersebut adalah Malaysia Open Superserie­s Premier (SSP) 2016 yang berlangsun­g sejak kemarin (5/4). Keduanya punya kans yang sama untuk mendamping­i Hendra/ Ahsan di Rio pada September mendatang.

Keikutsert­aan di Malaysia Open SSP kali ini bakal menentukan posisi mereka dalam peringkat kualifikas­i menuju Olimpiade. Dalam peringkat BWF per Maret 2016, Angga/ Ricky unggul di peringkat ke-10 dengan 58,914 poin. Kevin/Gideon berada di ranking ke-17 dengan 46,130 poin.

Namun, pekan lalu Angga/Ricky tumbang dari Kevin/Gideon dalam India Superserie­s. Hasil itu tentu mengubah peta peringkat. ’’Bagus anak-anak bisa menciptaka­n All Indonesian Final di India. Peringkat pasti berubah. Yang paling utama, mereka harus tetap bermain lebih efisien,’’ papar pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Herry menyatakan, perjuangan mereka di Malaysia nanti cukup berat. Sebab, pasanganpa­sangan top dunia juga akan ambil bagian. ’’Waktu buat mengumpulk­an poin untuk Olimpiade makin dekat. Mereka tidak boleh melepas begitu saja,’’ katanya.

Sepanjang tahun ini, Kevin/Gideon memberikan kejutan dengan memenangi dua event. Sebelum menang di India Superserie­s, mereka mengangkat trofi dalam Malaysia Masters. Sebaliknya, Angga/Ricky belum bisa tampil maksimal. Mereka hanya menjadi runner-up di Selandia Baru dan India Superserie­s.

Di sisi lain, Ahsan/Hendra yang menjadi kampiun Malaysia Superserie­s Premier tahun lalu diharapkan tidak terpeleset lagi. Raihan 11.000 poin di ajang kali ini akan memantapka­n posisi mereka di peringkat dunia.

Indonesia menurunkan empat pasang ganda putra dalam event kali ini. Selain Hendra/Ahsan dan dua pasangan pelapis, ada Rian Agung Saputro/Berry Angriawan. Mereka diharapkan bisa meramaikan persaingan. (nap/c14/na)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia