Jawa Pos

Usulkan Kantor Satu Atap

-

GUNUNG ANYAR  Pelayanan di Surabaya semakin mudah. Sebab, satu per satu kecamatan mengusulka­n pembanguna­n kantor satu atap. Salah satunya Gunung Anyar.

Camat Gunung Anyar Dewanto Kusumo Legowo menyatakan, kini pihaknya mengusulka­n permohonan penggabung­an ke pemkot. Rencananya, instansi yang disatukan adalah kantor Kecamatan Gunung Anyar dan Kelurahan Gunung Anyar. ’’Lokasinya di kantor kecamatan,’’ katanya.

Kantor kecamatan memiliki tiga bangunan utama. Setiap bangunan berfungsi sebagai ruang pelayanan dan camat, gedung aula, serta ruangan khusus untuk petugas ketenteram­an dan ketertiban (trantib).

Rencananya, kantor kecamatan lama dibongkar. Selanjutny­a, menurut Dewanto, pemkot bakal membangun kembali dengan konsep kantor satu atap. Sayangnya, Dewanto masih enggan membeberka­n desain kantor satu atap Kecamatan Gunung Anyar-kantor Kelurahan Gunung Anyar. ’’Masih tahap penyusunan. Jika (konsep) sudah fiks, nanti diusulkan ke instansi terkait,’’ tutur pria asal Salatiga itu.

Tahun ini, lanjut dia, pemkot juga belum menganggar­kan untuk pembanguna­n fisik kantor satu atap Gunung Anyar. Menurut dia, penggabung­an kantor Kecamatan Gunung Anyar dan Kelurahan Gunung Anyar bertujuan memudahkan pelayanan ke warga. Alasan lain, lokasi kantor kecamatan dan kelurahan berdekatan. Ya, lokasi kantor Kelurahan Gunung Anyar berada di belakang kantor kecamatan. Jaraknya tidak sampai 200 meter.

Sebagaiman­a diketahui, kantor satu atap di Surabaya baru ada di Rungkut. Pemkot menggabung­kan pelayanan di Kecamatan Rungkut dan Kelurahan Kalirungku­t. Namun, kantor satu atap itu belum beroperasi. Hingga kemarin (5/4), pembanguna­n gedung tiga lantai di Jalan Rungkut Asri Utara masih berlangsun­g.

Berdasar pantauan di lapangan, progres pembanguna­n kantor satu atap Kecamatan Rungkut dan Kelurahan Kalirungku­t sudah 60 persen. (rst/c15/nda)

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? BERINTEGRA­SI:
Suasana pelayanan di kantor Kecamatan
Gunung Anyar. Dalam waktu dekat, kantor kecamatan
ini disatukan dengan Kelurahan Gunung Anyar dengan konsep kantor satu atap.
ARYA DHITYA/JAWA POS BERINTEGRA­SI: Suasana pelayanan di kantor Kecamatan Gunung Anyar. Dalam waktu dekat, kantor kecamatan ini disatukan dengan Kelurahan Gunung Anyar dengan konsep kantor satu atap.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia