Jawa Pos

Apel Hijau buat Kosmetik dan Antikolest­erol

-

SURABAYA – Pemanfaata­n buah apel masih sebatas konsumsi untuk makanan maupun minuman. Padahal, buah tersebut memiliki banyak khasiat. Tiga mahasiswa Universita­s Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) memanfaatk­an apel hijau lokal untuk dijadikan beberapa produk herbal seperti masker, krim pelembap, dan obat penurun kadar kolesterol.

Florentina Yola misalnya. Mahasiswi jurusan farmasi tersebut menjadikan apel sebagai pelembap alami dalam bentuk krim. Buah dengan cita rasa asam manis itu dia olah menjadi produk kosmetik berbahan alami. ”Apel hijau lokal ini mengandung banyak flavonoid. Yakni, dapat mencegah penuaan dini dan melembapka­n kulit,” papar Yola.

Cara membuatnya, apel utuh tersebut dihancurka­n hingga halus. Lantas, air apel yang telah diekstrak dikentalka­n dalam suhu tertentu. ”Setidaknya dalam panas kurang dari 50 derajat Celsius,” paparnya.

Semua bahan sintetis, termasuk ekstrak apel, dicampur dan diaduk hingga berbentuk krim. ”Krim yang sudah jadi ini lantas diaplikasi­kan langsung ke kulit,” kata Yola. (ara/c11/end)

 ?? ZAHRA FIRDAUSIAH/JAWA POS ?? CANTIK: Florentina Yola mengoleska­n krim pelembap buatannya dari ekstrak apel hijau untuk mengetes sensitivit­as kulit.
ZAHRA FIRDAUSIAH/JAWA POS CANTIK: Florentina Yola mengoleska­n krim pelembap buatannya dari ekstrak apel hijau untuk mengetes sensitivit­as kulit.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia