Jawa Pos

Menang di Singapura, Dikirim ke Jerman

-

SURABAYA – Kemampuan robotic siswa-siswa Surabaya semakin diakui di luar negeri. Beberapa kali siswa Indonesia menang dalam lomba robot internasio­nal. Kali ini tiga siswa SD Muhammadiy­ah 4 Surabaya menyabet juara I lomba RoboCup Singapore Open 2016 pada 30 Maret–2 April lalu. Mereka adalah Firman Fathoni, Alwansyah Muhammad, dan Gatra Reyhansyah.

Dendik Setyawan selaku penanggung jawab kelas robotik SD Muhammadiy­ah 4 menyatakan bangga atas prestasi yang diraih siswanya. Terlebih, banyak negara yang berpartisi­pasi dalam kompetisi itu. Antara lain, Tiongkok, Korea Selatan, Singapura, Thailand, dan Malaysia. ’’Bersyukur bisa menjuarai kompetisi yang diikuti banyak negara tersebut,’’ tuturnya.

Dalam lomba itu, tim SD Muhammadiy­ah 4 mengikuti satu di antara 15 kategori yang dipertandi­ngkan. Yakni, rescue primary atau robot penyelamat. Lomba tersebut diikuti total 16 tim peserta yang terdiri atas siswa sekolah dasar.

Lomba yang dipersiapk­an selama tiga minggu itu bisa dibilang cukup menegangka­n. Sebab, peserta hanya diberi kesempatan untuk menjajal kemampun selama tiga ronde. Sementara itu, durasi waktunya hanya delapan menit.

’’Di ronde pertama, kami menempati posisi dua,’’ jelasnya. Di ronde kedua malah turun di posisi ketiga. ’’Tentu kondisi tersebut membuat anak-anak tegang,’’ kata Dendik. Namun, kekhawatir­an itu sirna ketika di ronde akhir tim berhasil memperoleh poin 280, sedangkan posisi kedua hanya 250 poin. ’’Akhirnya tim kami dinobatkan sebagai jawara,’’ jelasnya.

Berkat kemenangan tersebut, ketiganya mendapatka­n tiket untuk bertanding di kejuaran robot dunia di Leipzig, Jerman, pada 30– 3 Juli 2016. (elo/ c15/ end)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? MONCER: Dari kiri, Alwansyah, Gatra, Firman, tiga siswa SD Muhammadiy­ah 4 yang akan berlaga di Leipzig.
DIPTA WAHYU/JAWA POS MONCER: Dari kiri, Alwansyah, Gatra, Firman, tiga siswa SD Muhammadiy­ah 4 yang akan berlaga di Leipzig.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia