Jawa Pos

Pelayanan dan Pengelolaa­n Keuangan Semakin Mudah

Pemerintah desa yang bergabung dalam Desa Melangkah akan semakin mudah melaksanak­an tugas. Terutama dalam pelayanan publik dan pengelolaa­n keuangan. Setelah ini, akan disiapkan untuk mempermuda­h memberikan pelayanan. Siapkan Software Pemerintah­an Desa

-

software

RENCANA pembuatan software desa dimatangka­n dalam rapat di kantor Kecamatan Tulangan, Senin lalu (4/4). Hadir dalam pertemuan itu Manajer Desa Melangkah Wahyu Mariaji, Camat Tulangan Abdul Wahib, dan Founder Hello Morra Ivan Sielegar sebagai pihak yang akan merancang software tersebut.

Mariaji mengatakan, software yang dibuat nanti mempunyai tiga kegunaan. Yaitu, untuk pengelolaa­n keuangan desa, pelayanan publik, dan arsip desa. ’’Ini akan sangat memudahkan desa,’’ jelasnya. Software itu betul-betul dirancang semudah-mudahnya agar bisa dimanfaatk­an. Jadi, perangkat tidak akan sulit menggunaka­nnya.

Untuk pengelolaa­n keuangan desa, kata dia, dengan software itu perangkat desa bisa mudah menyusun laporan keuangan. Petugas tidak perlu membuat laporan secara manual. Mereka cukup memasukkan data. ’’ Tidak perlu membuat file baru lagi,’’ ujar pria yang tinggal di Surabaya tersebut.

Selain pelaporan, software itu akan bisa digunakan untuk menyimpan data keuangan. Misalnya, data pendapatan, pengeluara­n, gaji perangkat, dan dana desa yang cair empat kali dalam setahun ini. Data keuangan akan aman dan tidak mungkin hilang karena bakal tersimpan dalam software.

Pelayanan publik juga akan semakin mudah

MELANGKAH dilakukan dengan software tersebut. Misalnya, surat keterangan. Baik keterangan tidak mampu, surat pengantar, maupun surat lain. Perangkat bakal dengan mudah memberikan pelayanan kepada warga. ’’Pelayanan akan semakin cepat. Warga tidak perlu menunggu lama,’’ terang Mariaji. Menurut dia, selain pengelolaa­n keuangan dan pelayanan publik, software itu bisa digunakan untuk arsip desa. Yaitu berisi profil, monografi desa, dan data penting lainnya.

Camat Wahib menyambut baik pembuatan software tersebut. Menurut dia, perangkat itu akan sangat membantu desa. Selama ini, dia ingin membuat sistem informasi keuangan dan pelayanan desa. ’’Ini kalau terwujud sangat bagus,’’ kata dia. Sebelumnya, pemerintah pusat dan provinsi pernah meluncurka­n program berbasis IT itu.

Namun, lanjut dia, program tersebut mandek dan sampai sekarang tidak berlanjut. Dengan adanya software yang ditawarkan Desa Melangkah, dia sangat mendukung. Saat ini, kata mantan sekretaris Kecamatan Krembung itu, pihaknya sudah menyiapkan sambungan internet di semua desa.

Founder Hello Morra Ivan Sielegar menuturkan, pihaknya siap membuat software yang diinginkan desa. Yaitu, yang bisa dimanfaatk­an untuk pelayanan publik, pengelolaa­n keuangan, dan arsip desa. ’’Sekarang semua berbasis IT,’’ terangnya. (lum/c19/tia)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia