Jawa Pos

UKM Kreatif Tahan Tantangan Bisnis

-

SIDOARJO – Usaha kecil dan menengah (UKM) di Sidoarjo, khususnya yang termasuk dalam bisnis kreatif, paling mampu menghadapi tantangan dalam dunia bisnis. Misalnya, UKM batik tulis di Batik Jetis dan UKM kerajinan tangan di Tanggulang­in.

Seorang perajin boneka tangan Tanggulang­in Eka Dewi Mahmudiati mengatakan, bisnis kreatif cenderung mudah untuk bertahan di dunia bisnis. ” Yang penting tetap tekun. Kebanyakan pebisnis kreatif pemula saat ini cepat mundur ketika bisnisnya sepi,” kata Nova, sapaannya.

Bisnis kreatif di Sidoarjo, menurut Nova, sangat kekurangan pekerja muda. ” Yang namanya hasil kerajinan tangan tentunya berbeda dengan hasil buatan pabrik,” ucap ibu dua anak itu. Salah satu yang menjadi kendala dalam perkembang­an UKM di Sidoarjo adalah sulitnya mengontrol hasil perajin.

” Tidak semua perajin menghasilk­an kualitas barang yang sama. Apalagi pekerja yang sudah berumur dan dikerjakan di rumah,” keluhnya. Tipikal pekerja yang seperti itu cukup sulit untuk fokus dan mengatur suasana hati dalam bekerja. ”Padahal, yang menentukan hasil kerajinan tangan itu bagus atau tidaknya ya berdasar suasana hati si perajin,” kata Nova.

Sementara itu, regenerasi pekerja dengan usia yang lebih muda saat ini cukup sulit. Sebab, pekerja usia muda cenderung memilih bekerja di pabrik yang memiliki penghasila­n lebih besar daripada menjadi perajin. ”Pekerjaann­ya juga cenderung lebih mudah karena tidak perlu melibatkan rasa seni dan perasaan,” kata Nova.

Salah seorang perajin batik tulis H Ischak juga mengatakan, tidak ada korelasi antara naik turunnya nilai rupiah dan penjualan batik tulisnya. ”Sebagian besar perajin di sini sudah punya pelanggan masing-masing. Biasanya, secara rutin mereka memesan batik di sini,” ucapnya.

Menurut Ischak, pelanggan batik tulis Sidoarjo umumnya cukup paham tentang kualitas batik tulis di Sidoarjo. Kalaupun ada perubahan harga yang disebabkan kenaikan harga bahan baku, pelanggan tidak akan lari. ”Tinggal bagaimana perajin mengelola pelanggann­ya,” katanya. (vo/c6/tia)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia