Jawa Pos

Ekspor Bergairah, Konsumsi Listrik Naik

April, PLN Operasikan CNG Plant untuk Pasok Bawean

-

GRESIK – Konsumsi listrik Kota Pudak naik signifikan tahun ini. Dibanding 2015, ada peningkata­n pemakaian sebesar 7 juta kilowatt hour (kWh). Kenaikan banyak dipicu kegiatan produksi di perusahaan.

Asisten Manajer Pelayanan dan Administra­si PLN Area Gresik Tegar Hasadi menyatakan, Maret tahun lalu pemakaian listrik mencapai 151 juta kWh. Tahun ini, dalam periode yang sama, pemakaian mencapai 158 juta kWh. Pria 28 tahun itu memprediks­i peningkata­n terus terjadi. ”Peningkata­n paling banter dipengaruh­i penggunaan listrik di industri. Meski pelanggan rumah tangga juga berpengaru­h,” ujarnya.

Menurut Tegar, peningkata­n aktivitas produksi di sejumlah perusahaan terjadi pada triwulan awal 2016. Secara otomatis hal tersebut berdampak pada penggunaan listrik. Peningkata­n pemakaian listrik terjadi di sejumlah perusahaan yang gencar menekuni ekspor. Selain perusahaan pupuk, industri makanan pun menambah konsumsi listrik. Bahkan, ada yang pemakaian listriknya naik hingga 100 persen. ”Kondisi itu berbeda dengan pada akhir 2015,” ungkap Tegar.

Alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu menyebutka­n, pada tahun lalu sempat terjadi penurunan pemakaian listrik lebih dari 1 juta kWh. Salah satu sebab utamanya adalah lesunya industri baja. Ada sejumlah perusahaan di sektor tersebut yang menghentik­an aktivitas produksi. Kondisi itu tak lepas dari kondisi ekonomi nasional yang sedang lesu.

Tegar mengatakan, peningkata­n pemakaian listrik juga terjadi pada pelanggan rumah tangga dan industri kecil. Selama dua minggu terakhir, ada 67 pelanggan yang menaikkan daya dari 900 VA menjadi 1.300 VA. Pemicunya program perubahan daya gratis yang digagas PLN pusat. ”Kalau biasanya pelanggan harus membayar Rp 375 ribu, kali ini digratiska­n,” ucapnya.

Tegar juga memastikan bahwa pasokan listrik Bawean ke depan bakal aman. Konsumsi listrik di Pulau Putri disokong compressed natural gas (CNG) plant yang berada di lokasi pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) di Gresik. CNG bakal beroperasi April 2016. Pembanguna­n CNG plant di Gresik merupakan bagian dari upaya PLN mendukung penguatan listrik wilayah Jawa dan Bali.( hen/c9/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia