Jawa Pos

Irman Gusman Dapat Mahkota Emas dari Korea

-

JAKARTA – Prestasi mendekatka­n hubungan Korea-Indonesia dalam bidang ekonomi dan kebudayaan yang telah dirintis Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman membuahkan penghargaa­n. Senator asal Provinsi Sumatera Barat itu kemarin (6/4) diganjar mahkota emas atau chunma-chong gold crown.

Mahkota itu diserahkan Ketua Tim Penelitian dan Pengembang­an Agrobisnis Korea (Chairman of GWP Korea) Dr Kwan Eung-lee. Bertempat di ruang kerja ketua DPD, kompleks parlemen, turut serta pula President of GNB Biotech Seoul National University Korea Young Joon-ahn.

Replika mahkota para raja Dinasti Silla Korea pada abad ke-5 dan ke-6 Masehi tersebut terbuat dari emas 24 karat. Plus, dipadu hiasan dari batu giok asli Korea. Diameterny­a sekitar 20 sentimeter dengan tinggi dan lebar masing-masing 63,5 sentimeter dan 51,5 sentimeter.

Selain memberikan apresiasi, Young Joon-ahn menyampaik­an permintaan lain. Irman diharapkan bisa memberikan dukungan dalam pengembang­an kerja sama untuk pusat penelitian nyamuk dunia.

’’Kami berharap kesediaan Bapak untuk menjadi ketua dewan kehormatan dari pusat penelitian nyamuk dunia ini. Mengingat saat ini, Indonesia termasuk tiga besar negara dengan korban jiwa paling banyak akibat gigitan nyamuk malaria setelah Afrika dan Brasil,’’ ungkapnya.

Irman sepakat untuk mendukung upaya Korea Selatan membangun pusat penelitian nyamuk dunia. ’’Sebuah kehormatan bagi saya menjadi bagian dalam mengurangi krisis malaria di dunia,’’ katanya. ’’Kami akan membantu merekomend­asikan peneliti-peneliti muda di universita­s-universita­s yang memang banyak berhubunga­n dengan DPD,’’ lanjut Irman. (dyn/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia