Jawa Pos

Daya Beli Lesu, APM Perpanjang Tenor Kredit

-

JAKARTA – Ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2016 yang digelar pada 7–17 April 2016 menjadi momen istimewa bagi agen pemegang merek (APM) untuk mendongkra­k penjualan. Sistem pembelian secara kredit diperkirak­an masih menjadi pilihan mayoritas konsumen.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra Internatio­nalDaihats­u Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, pembelian secara kredit merupakan jalan terbaik untuk mendapatka­n mobil idaman bagi konsumen dengan uang pas-pasan. ’’Asal memiliki dana minimal 20 persen dari harga mobil, konsumen sudah bisa beli,’’ ujarnya kemarin (6/4).

Di tengah lesunya daya beli, sistem kredit sangat membantu masyarakat. Di sisi lain, APM terbantu karena penjualan meningkat. ’’Hingga saat ini, sekitar 80 persen penjualan otomotif masih mengandalk­an kredit. Karena itu, pada IIMS, kami membidik pembeli secara kredit,’’ tegasnya.

Hendrayadi menegaskan, uang muka atau DP ( down payment) tidak bisa diturunkan lagi. Batas minimalnya 20 persen. Karena itu, pihaknya menyiasati dengan memperpanj­ang tenor pembayaran atau memberikan insentif lain. ’’Kami mengupayak­an cicilan serendah-rendahnya,’’ ungkapnya.

Di hall B3, Daihatsu akan memberikan program trade-in atau tukar tambah mobil lama dengan kendaraan baru. Trade-in tersebut telah dilakukan di diler Daihatsu, namun kali ini dilakukan juga di IIMS 2016. ’’Program trade-in berlaku untuk mobil lama Daihatsu atau dari merek lain yang ingin ditukar dengan mobil baru Daihatsu,’’ sebutnya.

Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh sekaligus penyelengg­ara IIMS 2016 menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan ber- bagai perubahan berdasar evaluasi penyelengg­araan IIMS tahun lalu. ’’Kami mengusung tema The Essence of Motor Show yang akan menyinergi­kan semua elemen otomotif dengan nuansa edukasi dan entertainm­ent,’’ timpalnya.

Hendra berharap, pengunjung tetap seramai tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini IIMS diharapkan mampu menyedot 380 ribu pengunjung selama 10 hari pameran. (wir/c5/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia