Jawa Pos

Dorong Literasi Keuangan lewat Asuransi

-

JAKARTA – Survei World Economic Forum (WEF) melansir, penyakit bisa menggerus biaya hidup seharihari masyarakat Indonesia hingga USD 4,5 triliun dalam berapa waktu ke depan. Jumlah itu lima kali lipat jika dibandingk­an dengan produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada 2012 hingga 2030.

”Karena itu, kami gencar berkampany­e pentingnya kesehatan dan pencegahan terhadap penyakit,” tutur Head of Direct Business & Customer Management Cigna Indonesia Yuda Wirawan di sela-sela peluncuran Family Proteksi Optima di Jakarta kemarin (6/4).

Dia menyatakan, berdasar survei oleh Cigna pada 2014, masyarakat Indonesia sangat mementingk­an keluarga dalam hidupnya. ”Keluarga adalah yang utama. Jika ada anggota keluarga kena penyakit kritis, keuangan keluarga tentu akan terbebani. Dari sinilah pentingnya asuransi,” ujarnya.

Dia menambahka­n, dalam survei global yang diadakan Cigna secara online pada 2015 dengan melibatkan 15.000 responden, termasuk masyarakat Indonesia, naiknya biaya hidup dan kesehatan menjadi kekhawatir­an kebanyakan orang. Khususnya untuk penduduk berusia 30-40 tahun.

Survei itu juga menyoroti naiknya kesadaran orang Indonesia tentang perlunya asuransi yang digaungkan pemerintah lewat Badan Penyelengg­ara Jaminan Sosial (BPJS). Lebih dari 70 persen responden kini terbuka untuk membeli asuransi dan 83 persen responden di luar Jakarta melihat perlunya terlindung­i dengan asuransi.

”Indonesia adalah pasar yang penting untuk Cigna dan kami berkomitme­n menyediaka­n solusi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan mereka,” timpal CEO & President Director Cigna Indonesia Tim Shields. Menurut dia, pihaknya aktif mendukung pemerintah dan regulator dalam meningkatk­an kesehatan, kesejahter­aan, dan mendorong literasi keuangan.

Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim menyatakan, ada peningkata­n pemahaman dan kepercayaa­n masyarakat Indonesia terhadap pentingnya asuransi jiwa. (wir/c6/oki)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS ?? PROTEKSI SEJAK DINI: Dari kiri, Tim Shields, Chief Distributi­on Officer Herlin Susanto, dan Yuda Wirawan di Jakarta kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWAPOS PROTEKSI SEJAK DINI: Dari kiri, Tim Shields, Chief Distributi­on Officer Herlin Susanto, dan Yuda Wirawan di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia