Jawa Pos

Robot Pelayan Restoran Dipecat

-

GUANGZHOU – Memiliki pegawai robot ternyata justru membawa kesialan bagi beberapa restoran di Guangzhou, Tiongkok. Tahun lalu ada tiga restoran yang menggunaka­n robot humanoid sebagai pegawai untuk menarik pelanggan. Pada awalnya, tujuan tersebut memang sukses. Namun, dua restoran kemudian tutup. Satu yang tersisa, yaitu Restoran Heweilai, baru-baru ini ’’memecat” pegawai robotnya.

Salah satu alasan yang mendasari pemecatan tersebut adalah kerugian yang terus-menerus diderita pemilik restoran. Bayangkan saja, untuk mempekerja­kan robot tersebut, dibutuhkan biaya 50 ribu yuan atau setara dengan Rp 102,3 juta. Itu pun penyewa robot masih harus mengeluark­an uang lagi beberapa ratus yuan per bulan untuk perbaikan dan biaya listrik. Jumlah tersebut tentu cukup besar jika dibandingk­an dengan mempekerja­kan pegawai biasa.

Yang menjadi masalah, robot yang dipekerjak­an tersebut ternyata tidak kompeten. Si robot yang didominasi warna putih itu tidak bisa membawa makanan dengan stabil dan kerap memecahkan makanan yang dipesan pelanggan. Karena alasan yang sama pula, robot tersebut tidak bisa membawa pesanan berupa sup maupun menuangkan minuman. Tentu saja, hal itu membuat rekan-rekan kerjanya yang manusia mengajukan komplain. Sebab, mereka harus membereska­n kelalaian si robot tersebut.

’’Robot ini bisa menarik beberapa pelanggan, tapi mereka benar-benar tidak bisa mengurangi kebutuhan akan pekerja manusia,’’ ujar si pemilik restoran.

Wakil Rektor Universita­s Teknologi di Guangdong Zhang Yun menjelaska­n bahwa robot memang sangat baik dalam meningkatk­an produktivi­tas di industri manufaktur. Sebab, tugas mereka adalah mengulangu­lang pekerjaan yang sama. ’’Robot tidak bisa bekerja dengan baik di lingkungan yang membutuhka­n interaksi terus-menerus dengan manusia,’’ terang Zhang. (Shanghaiis­t/ECNS/sha/c6/ami)

 ?? SHANGHAIIS­T ?? BERMASALAH: Robot membawa pesanan pengunjung.
SHANGHAIIS­T BERMASALAH: Robot membawa pesanan pengunjung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia