Jawa Pos

Kapolda Puji M2C

-

JAKSEL – Banyaknya jumlah media, baik online, cetak, maupun televisi, menyulitka­n pemantauan Polda Metro Jaya. Sebab itu, instansi tersebut mengandalk­an Media Management Center (M2C) yang membuat Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mendapatka­n penghargaa­n sebagai Humas Polri terbaik.

Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyar­to secara khusus melihat kecanggiha­n M2C. Mantan Kapolda Jawa Barat itu langsung kagum dengan ruangan yang baru diresmikan pada akhir 2015. ’’Inovasinya luar biasa. Saya bangga,’’ katanya. Dia berharap sistem yang sudah berjalan itu akan terus dilanjutka­n siapapun yang akan menjadi Kabidhumas. ’’ Yang penting konsisten,’’ pesannya.

Iqbal lantas memeperlih­atkan beberapa fitur M2C. Terdapat tiga LCD berukuran besar yang terpasang di dinding. Layar paling kiri menampilka­n tribratame­tro.com, laman portal berita Polda Metro Jaya. Layar tengah menampilka­n sistem yang menjadi andalan humas polda, yaitu Intelligen­ce Management Media (IMM). ’’Ini adalah pusat M2C,’’ ujarnya.

IMM merupakan sistem untuk memantau pemberitaa­n mengenai Polda Metro Jaya secara real time. Baik pemberitaa­n online, cetak, maupun televisi. ’’Jadi, sekarang kami tahu berita apa yang sedang ditayangka­n,’’ terangnya. Sistem itu juga memantau perbincang­an yang sedang santer di jagat dunia maya. Baik dari Facebook, Twitter, maupun media sosial lainnya.

Selain itu, IMM juga dapat memantau pemberitaa­n dari Polres se-Jakarta. Mantan Kapolres Jakarta Utara tersebut mencontohk­an, saat ini Polres Jakarta Selatan merupakan polres yang paling banyak diberitaka­n. Kemudian, disusul Polres Jakarta Barat. ’’ Exposure mereka paling besar,’’ lanjut Iqbal.

Meski begitu, Polres Jakarta Selatan juga mendapatka­n sentimen negatif. Berdasar perhitunga­n, jumlah poinnya mencapai 182. ’’Berdasar data itu, kami dapat memberitah­u Polres Jakarta Selatan bahwa sentimen negatif tersebut harus ditangani dengan beberapa hal,’’ jelasnya.

Pemantauan tidak hanya dapat dilihat per bulan, melainkan per minggu dan per hari. Iqbal lantas menyebut, pekan ini yang paling banyak mengeluark­an pernyataan di lingkungan Polda Metro Jaya adalah Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto. Pernyataan tersebut berkaitan dengan penghapusa­n sistem 3-in-1. ’’Sistem ini juga bisa melihat jumlah berita yang keluar dari pernyataan pejabat polda,’’ ujarnya.

Selain IMM, dalam M2C juga terdapat sistem bernama Sistem Informasi Humas (Sisfomas). Sistem itu merupakan rangkaian terpadu seluruh humas polsek di bawah Polda Metro Jaya. Setiap kejadian harus dilaporkan oleh humas polsek dan dikirim ke Bidhumas Polda Metro Jaya. (nug/c5/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia