Jawa Pos

Ini Bukan tentang Cinta

-

(ren)

Away

Dortmund sedang Reuni Juergen Klopp ke mantan klubnya itu terancam berakhir perih. Asian Handicap memberi voor 1 untuk Liverpool. Artinya, tim tamu diprediksi kalah minimal dua bola.

6,5

5,8

DORTMUND – Signal Iduna Park sudah seperti menjadi rumah sendiri bagi Juergen Klopp. Tujuh tahun dia membawa Borussia Dortmund meraih kejayaan dan menjadi sosok bak dewa bagi fans klub Jerman tersebut. Nah, dini hari nanti Klopp untuk kali pertama kembali ke Signal Iduna Park dengan status ”musuh”.

Datang dengan status pelatih Liverpool, Klopp sudah pasti tidak ingin timnya menuai malu. Sebaliknya, dia bisa saja membuat Dortmund dan pendukungn­ya meradang di kandang sendiri. ”Ini bukan soal cinta lama dan cinta baru saya. Ini tentang Liverpool melawan Dortmund,” ujar Klopp sebagaiman­a dikutip dari situs resmi klub.

berusia 48 tahun itu menegaskan tidak mengalami pergulatan hati. Klopp sudah terbiasa menghadapi mantan klub. Sebagaiman­a saat Dortmund menghadapi FSV Mainz yang sama- sama-samasama pernah dibesutdib­es ut

nya. ” ”Faktanya,Faktanya, Dortmund sekarang sudah beda gaya main. Game plan sudah kami siapkan. Jika itu sukses, kami punya kesempatan,” kata dia.

Yang harus dilakukan Klopp ialah mengisolas­i serangan Dortmund dari PierreEmer­ick Aubameyang. Selama Europa League musim ini, Dortmund minimal mencetak dua gol saat bermain di kandang sendiri. Catatan tersebut sejalan dengan rekor gol per Dortmund dalam sepuluh laga terakhir di semua ajang, yakni dua gol.

Untuk meredam hal itu, Klopp mempertaha­nkan komposisi dalam tiga laga terakhir. Bersama duet Mamadou Sakho dan Dejan Lovren sebagai bek tengah, Liverpool ke bobolan 1,6 gol per laga. Klopp konf i idend e n memasang S Sakhoa kh o mes meskipunk ip un performape­rfor ma nya tengah dalam sorotan. ”Kami tidak perlu mengistira­hatkan siapa pun,” ucapnya.

Dalam wawancaran­ya dengan ITV, kapten Liverpool Jordan Henderson menegaskan bahwa yang terbawa atmosfer reuni hanya Klopp. Tidak demikian penggawa The Reds –julukan Liverpool– yang tetap mengingink­an kemenangan. Sekalipun rekor klub-klub Inggris saat bermain di Signal Iduna tidak terlalu mentereng. Dari 10 duel, hanya 1 kali wakil Inggris menang, 3 imbang, dan 6 kalah.

Henderson menegaskan bahwa Liverpool siap menghadapi tim kuat mana pun di Eropa. Buktinya, mereka berhasil menyingkir­kan Manchester United di fase 16 besar lalu. ”Mudahnya, di sini kami bermain aman, lalu kami ’bunuh’ Dortmund di Anfield,” ujar gelandang bertahan berusia 25 tahun itu. Namun, Henderson sebaiknya tidak terlalu pongah. Kiper Bayern Muenchen Manuel Neuer yakin Liverpool tidak akan dengan mudah menekuk Dortmund. Sebagaiman­a dilansir

Neuer menyebut Dortmund sebagai tim yang kerap bermain tidak terduga. ”Bayern saja harus waswas kehilangan peluang dari Dortmund musim ini. Liverpool harus bersiap menjalani laga sulit,” tuturnya.

Dortmund sendiri tidak melakukan persiapan istimewa. Kehilangan bek Neven Subotic sampai akhir musim bukan lagi masalah besar. Pelatih Thomas Tuchel masih punya Sokratis Papastatho­upoulos untuk mendamping­i Mats Hummels di jantung pertahanan Dortmund.

Kebobolan dua gol melawan Werder Bremen akhir pekan lalu (2/4) harus jadi pelajaran. Sebab, itu kali pertama gawang Dortmund kebobolan setelah tiga laga kandang selalu berakhir ”Werder (Bremen) berbeda kekuatanny­a dengan Liverpool. Tapi, jangan sampai gugup lagi seperti kemarin (melawan Bremen). Nikmati saja permainan melawan Liverpool,” tutur Tuchel dari situs resmi klub.

Tuchel punya pengalaman menghabisi klub Inggris di Europa League musim ini. Pada babak 16 besar, Dortmund berhasil menyingkir­kan Tottenham Hotspur. Klub London itu dipecundan­gi dalam dua Bahkan, saat bermain di Signal Iduna, Dortmund menang tiga gol tanpa balas. (ren/c9/ca)

 ?? GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS
FOTO: JOHN SIBLEY/REUTERS DAN CARL RECINE/REUTERS ?? Der trainer
game
defense
Mirror,
15 151515
20 202020202
11 1111
10
141414144
2
2222222222
6
17 1717171
18
clean sheet.
leg. AHLI STRATEGI: Juergen Klopp
(atas) dan Thomas Tuchel harus meyiapkan
tim terbaik untuk mengejar
tiket lolos...
GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS FOTO: JOHN SIBLEY/REUTERS DAN CARL RECINE/REUTERS Der trainer game defense Mirror, 15 151515 20 202020202 11 1111 10 141414144 2 2222222222 6 17 1717171 18 clean sheet. leg. AHLI STRATEGI: Juergen Klopp (atas) dan Thomas Tuchel harus meyiapkan tim terbaik untuk mengejar tiket lolos...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia