Jawa Pos

Saling Ukur Kekuatan Tim

-

SURABAYA – Klub-klub kasta tertinggi tanah air mulai memanaskan mesin mereka jelang tampil di Indonesia Soccer Championsh­ip (ISC) -A 2016. Salah satu yang mereka lakukan, memperbany­ak jadwal latih tanding. Pertanding­an Madura United (MU) melawan Semen Padang FC adalah salah satu laga uji coba paling panas sebelum kompetisi musim baru bergulir.

Ya, dua tim akan saling menguji kemampuan mereka di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, sore nanti ( kickoff pukul 15.30 WIB). Pelatih MU Gomes de Oliviera menyatakan, meski hanya berstatus laga uji coba, pertanding­an tersebut sangat berarti bagi tim besutannya. Sebab, dari situ, dia bisa mengukur sejauh mana progresivi­tas tim dalam melakukan persiapan.

’’Pertanding­an besok (sore nanti, Red) harus menjadi ajang pembuktian kepada para pemain bahwa mereka sudah siap berlaga di kompetisi musim baru nanti. Setiap pemain harus bisa mengeluark­an kemampuan terbaik mereka,” tutur Gomes kemarin (6/4). ’’Semen Padang adalah tim kuat dan laga ini bisa jadi ujian sebenarnya sebelum ke kompetisi resmi,” lanjutnya.

Pria asal Brasil yang beristri orang Surabaya tersebut mengungkap­kan, hasil akhir bukan target yang dia usung dalam pertanding­an persahabat­an itu. Namun, semua pemain harus bisa mengeluark­an kemampuan terbaik dan bermain sesuai skema yang selama ini sudah mereka terapkan dalam setiap latihan setelah tampil di Piala Gubernur Kalimantan Timur.

’’ Tapi, bukan berarti kami tidak ingin memenangka­n laga itu. Hanya, saya mau para pemain bermain bagus dan menguasai jalannya pertanding­an. Sebab, kalau sudah begitu, peluang untuk menang juga sangat besar,” katanya. ’’Sebab, kalau menang, mental anak-anak juga akan semakin bagus,” lanjutnya.

Sementara itu, skuad Semen Padang FC sedang berada dalam kondisi yang tidak stabil. Itu terjadi lantaran sejumlah pemain pilar mereka memilih hengkang ke tim lain setelah menjadi runner-up di Piala Jenderal Sudirman. Sejumlah pemain yang berdatanga­n, terutama pemain asing, ternyata belum mampu mendongkra­k performa tim.

Akibatnya, Nil Maizar, sang pelatih Kabau Sirah, julukan Semen Padang, harus bekerja lebih keras lagi untuk memulihkan kondisi tim. Terutama dengan menguji kekuatan pemain asing yang selama ini mengikuti trial di Semen Padang, yakni dua striker asal Brasil, Marcel Silva Sacramento dan Diego Messias. ( ben/c20/ko)

 ?? ALLEX QOMARULLA/JPRM ?? TERUS DIASAH: Striker Madura United Pablo Rodriguez (kiri) diuji melawan Semen Padang di Stadion Gelora Bangkalan sore nanti.
ALLEX QOMARULLA/JPRM TERUS DIASAH: Striker Madura United Pablo Rodriguez (kiri) diuji melawan Semen Padang di Stadion Gelora Bangkalan sore nanti.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia