Jawa Pos

Batman v Superman Tembus USD 700 Juta

-

LOS ANGELES – Film

( sukses mengalahka­n kritik. Studio Warner Bros. mengonfirm­asi bahwa film tersebut menembus angka pendapatan USD 700 juta (setara dengan Rp 9,27 triliun) kemarin (6/4). Berdasar data terakhir pada Senin (4/4), film arahan sutradara Zack Snyder itu memperoleh pemasukan USD 698 juta atau Rp 9,24 triliun. Sebanyak 62 persen dari angka tersebut disumbangk­an pasar mancanegar­a.

Meski pendapatan­nya kian naik, BvS yang pekan ini untuk kali kedua memuncaki

di Amerika Utara diperkirak­an tidak mampu meraih target USD 1 miliar atau Rp 13,25 triliun. Penyebabny­a jelas bukan kritik atau nilai jelek dari situs review film, melainkan angka penjualan tiket yang kian turun.

Menurut catatan Box Office Mojo, pendapatan pada akhir pekan kedua turun drastis. Pada akhir pekan pembuka, film yang dibintangi Ben Affleck dan Henry Cavill itu meraup USD 166 juta (senilai Rp 2,2 triliun) di Amerika Utara. Pada akhir pekan kedua, pendapatan mereka turun hingga 69 persen di angka USD 51,3 juta atau Rp 679,1 miliar. Di Tiongkok yang termasuk pasar terbesar film Hollywood, penurunann­ya bahkan mencapai 78 persen. Yakni, dari USD 86 juta (setara dengan Rp 1,138 triliun) pada sepuluh hari pertama menjadi USD 12,6 juta atau Rp 166,8 miliar.

Terlepas dari pendapatan, BvS tetap masuk dalam jajaran film box office di berbagai negara. Di Tiongkok, film tersebut sukses berada di peringkat pertama selama tiga pekan berturuttu­rut. Begitu pun di Rusia. Secara umum, di luar Amerika Utara, film yang digarap dengan bujet USD 250 juta atau Rp 3,3 triliun itu meraih sukses besar.

Warner Bros. tidak terlena dengan tanggapan beragam terhadap film pembuka jagad superhero DC Comics tersebut. Mereka berfokus pada rangkaian film DC Extended Universe (DCEU). Proyek paling dekat, Suicide Squad yang tayang pada Agustus mendatang. Tim DCEU juga menambahka­n beberapa serial baru, termasuk proyek solo Batman buat Ben Affleck dan sekuel Man of Steel.

Di proyek solo Batman, Affleck disebutseb­ut akan berperan di balik layar. Pada Juli tahun lalu, sutradara film terbaik Oscar 2013 Argo itu tengah menggarap naskah Batman bersama tim kreatif DC Comics Geoff Johns.

Dikutip dari Variety, dalam film tersebut, Affleck akan menjabat pemeran utama, penulis naskah, sekaligus sutradara. Untuk Superman, Snyder punya banyak ide cerita tentang pahlawan Kota Metropolis tersebut.

Meski demikian, ide itu masih menunggu waktu. Sebab, Warner Bros. dan DC Comics sudah punya jadwal cukup padat hingga empat tahun mendatang. (fam/c14/ayi)

 ?? WARNER BROS. ?? BEHIND THE SCENE: Sutradara Zack Snyder mengarahka­n Ben Affleck dan Henry Cavill dalam Batman v Superman: Dawn of Justice.
Batman v Superman: Dawn of Justice BvS)
box office
WARNER BROS. BEHIND THE SCENE: Sutradara Zack Snyder mengarahka­n Ben Affleck dan Henry Cavill dalam Batman v Superman: Dawn of Justice. Batman v Superman: Dawn of Justice BvS) box office

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia