Jawa Pos

Perketat Ternak Masuk Kargo

-

SURABAYA – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Surabaya menempuh langkah preventif untuk mencegah merebaknya virus flu burung. Hal itu dilakukan setelah ada kasus kematian mendadak 50 itik di Desa Penambanga­n, Kecamatan Balongbend­o, pada Selasa (5/4).

Pemeriksaa­n terhadap hewan dari potensi mengidap flu burung yang hendak diekspor melalui Bandara Juanda pun diperketat. Berbagai antisipasi dilakukan untuk menjamin produk yang dikirim ke luar negeri atau diperdagan­gkan secara domestik bebas penyakit. ’’Kami juga menguji sampel darah, air liur, hingga feses,’’ ungkap Kepala BBKP Eliza Suryati Rusli di sela-sela pengujian laboratori­um di kantornya kemarin.

Flu burung berpotensi menjangkit­i unggas ternak menjelang musim pancaroba. Selama pergantian musim dari hujan menuju kemarau, hewan ternak bisa menjadi sumber penyebar H5N1 alias virus influenza penyebab penyakit flu burung.

Karena itu, lanjut Eliza, pengekspor ternak wajib mengajukan permohonon untuk mendapat sertifikat sehat. Jika pemeriksaa­n sampel terbukti sehat dan layak ekspor, hewan ternak bisa melewati terminal kargo. Sebaliknya, jika tidak sehat bahkan terjangkit penyakit, instansi penyelengg­ara karantina hewan itu tidak menerbitka­n sertifikat.

Selain dikembalik­an ke pemilik, ternak berpenyaki­t keras akan dimusnahka­n. Unggas ternak di wilayah Surabaya dan sekitarnya termasuk yang rawan terjangkit virus flu burung.

Peningkata­n pengawasan dari lokasi peternakan dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya, vaksinasi secara rutin ke induk unggas menjelang pembuahan telur. Kemudian, pengecekan mendalam dengan metode polymerase chain reaction dari sampel darah. Begitu pula ketika pengepakan.

Terminal kargo menjadi area hilir mudik arus keluar dan masuk perdaganga­n unggas dan burung. Komoditas lain berupa ikan maupun produk pertanian. BBKP juga punya kebijakan mengendali­kan spesies sebagaiman­a habitat lokal. ’’Hanya yang bersertifi­kat yang dapat diberangka­tkan ke tempat tujuan,’’ jelas Manager on Duty Karantina Hewan BBKP Surabaya Wilayah Kerja Bandara Juanda drh Emmy Krismawarn­i. (sep/c7/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia