Jawa Pos

Bisnis Konfeksi Maju Pesat

-

SELAIN terkenal dengan usaha produksi kerupuk, Kecamatan Tulangan mengunggul­kan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di bidang busana. Buktinya, ada tiga desa yang memiliki sentra busana cukup besar. Yakni, bordir di Desa Kenongo, konfeksi seragam di Desa Gelang, dan pakaian biasa di Desa Jiken.

Yang menarik adalah UMKM Sakinah Bordir. Butik itu kerap diminati para pejabat. Baik pejabat kota maupun provinsi. Bahkan, salah satunya pernah menjadi rujukan baju pesta istri bupati Sidoarjo. ’’Sering menjadi langganan para kepala dinas juga,’’ ujar Kasi Perekonomi­an Kecamatan Tulangan Ribut Prapto Yuono. Bahkan, kata dia, istri Gubernur Jawa Timur Soekarwo pun menjadi pelanggann­ya.

Menurut Ribut, Sakinah Bordir kerap mewakili Tulangan untuk mengikuti berbagai pameran busana di tingkat kabupaten. Sebab, butik tersebut memiliki karyawan yang profesiona­l. Kreativita­s mereka pun tidak diragukan. ’’Ada 20 karyawan, lulusan desainer baju semua. Jadi kan mumpuni,’’ ungkap Ribut.

Sementara itu, dua UMKM busana lainnya tidak kalah maju. Misalnya, konfeksi seragam di Desa Gelang. Umur perusahaan­nya sudah lebih dari sepuluh tahun. Konfeksi tersebut, kata Ribut, memproduks­i seragam untuk banyak sekolah di Sidoarjo. ’’Tidak semua sekolah, tapi kayaknya hampir semua. Soalnya sales- nya kan banyak, sama seperti yang di Desa Jiken,’’ katanya.

Kecamatan Tulangan pun memanfaatk­an potensi warganya itu. Ribut mengatakan, pihaknya begitu maksimal memberikan kontribusi. Salah satunya menjembata­ni kebutuhan para pemilik UMKM dengan program-program pemkab. ’’Kami mengikutka­n mereka pada program pembinaan, bimtek, dan pameran-pameran yang diadakan pemkab,’’ jelasnya. (tib/c15/oni)

 ?? NUR KHOTIB/ JAWA POS ?? BERKUALITA­S: Pemilik Sakinah Bordir Lilik Suhariyati (kiri) dan Ribut Prapto di ruang display Sakinah Bordir.
NUR KHOTIB/ JAWA POS BERKUALITA­S: Pemilik Sakinah Bordir Lilik Suhariyati (kiri) dan Ribut Prapto di ruang display Sakinah Bordir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia