Jawa Pos

Guru Dpk Khawatir Mutasi ke Luar Daerah

-

GRESIK – Ketakutan tengah membayangi guru-guru negeri yang diperbantu­kan (Dpk) ke sekolah swasta. Jika pengelolaa­n SMA/SMK swasta jadi diambil alih Dikbud Jatim, para pendidik tersebut waswas dimutasi dari Kabupaten Gresik. Mereka menyelamat­kan diri dengan lebih dulu minta mutasi.

Menurut rencana, pengelolaa­n SMA-SMK negeri memang akan berpindah ke Pemerintah Provinsi Jatim. Selain aset, tenaga pendidikny­a diambil alih. Pemindahke­lolaan tersebut direncanak­an tuntas pada 2017. Nah, sebelum itu terjadi, para guru berstatus Dpk tidak ingin susah. Selama ini mereka nyaman mengajar di sekolah swasta meski berstatus PNS.

’’Umumnya mereka minta pindah tugas ke sekolah negeri,’’ kata Kabag Umum dan Kepegawaia­n Dispendik Gresik Menthik kemarin.

Dispendik mencatat, kini ada 96 guru PNS yang diperbantu­kan di sekolah swasta. Bagian kepegawaia­n telah menerima lebih dari 20 berkas permohonan mutasi ke SMA/SMK negeri.

Menurut Menthik, berkas tersebut telah dikirim ke Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Gresik untuk diproses. Mereka bisa memenuhi formasi yang kurang di negeri. ’’Guru Dpk yang ingin mutasi segera ajukan permohonan,’’ tuturnya.

Mengapa mereka cepat-cepat ingin mutasi? Menthik menjelaska­n, mereka bertujuan menghindar­i mutasi ke luar kabupaten/kota. Sebab, mutasi antardaera­h sangat mungkin terjadi jika SMA/SMK dikelola Dikbud Jatim.

Kasubbag Analisis Jabatan (Anjab) Ortala Gresik Bahagio Santoso menyebutka­n, jumlah lembaga pendidikan menengah yang pengelolaa­nnya dialihkan ke provinsi mencapai 105 sekolah. ’’Semua lembaga memiliki tenaga pendidik sekitar 4 ribu,’’ jelas Bahagio Santoso. (mar/c15/roz)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? KREASI: Dari kiri, Innik Hikmatin, Sambari Halim, Moh. Qosim, dan Presiden Hijabee Community Gresik Yeni Yuliati saat penyerahan bunga dari anak autis. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Autis.
ADI WIJAYA/JAWA POS KREASI: Dari kiri, Innik Hikmatin, Sambari Halim, Moh. Qosim, dan Presiden Hijabee Community Gresik Yeni Yuliati saat penyerahan bunga dari anak autis. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Autis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia