Jawa Pos

Perjuangan Rousseff di MA Kandas

-

CAMARA dos Deputados alias Majelis Rendah Parlemen Brasil mulai panas. Debat untuk menentukan impeachmen­t Presiden Dilma Rousseff dilakukan sejak Jumat lalu (15/4) dan berlangsun­g tiga hari. Voting untuk menentukan apakah pemakzulan dilakukan atau tidak bakal berlangsun­g hari ini. Proses tersebut bisa menjadi awal berakhirny­a karir Rousseff sebagai kepala negara Brasil.

Rousseff sendiri berusaha dengan segala cara untuk mencegah pelengsera­n dirinya. Presiden ke-36 Brasil itu mengajukan permohonan agar proses pemakzulan dirinya ditunda. Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Mahkamah Agung hanya beberapa jam sebelum proses debat di Majelis Rendah dilangsung­kan.

Pengacara top pemerintah Jose Eduardo Cardozo menyatakan, upaya pemakzulan itu merupakan proses yang tidak masuk akal. Sebab, menurut dia, Rousseff yang menjadi tertuduh tidak mengetahui secara pasti apa yang dituduhkan kepadanya dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Rousseff sendiri sebelumnya berujar akan berjuang hingga akhir.

’’Pemerintah akan berjuang hingga detik terakhir untuk menggagalk­an usaha kudeta ini,’’ ujar Rousseff Kamis lalu (14/4).

Dalam debat di Majelis Rendah, legislator yang mendukung maupun oposisi dari Rousseff bakal memiliki kesempatan untuk menyatakan pendapat. Tepatnya adalah alasan mereka mengapa Rousseff layak dipertahan­kan atau mengapa dia layak ditendang. Pernyataan dari hasil debat bakal dipaparkan siang ini sebelum voting berlangsun­g. Hasil voting bakal bisa diketahui Minggu petang waktu setempat setelah 513 anggota Majelis Rendah memberikan suara. Media-media besar di Brasil menilai, kubu yang mendukung pemakzulan Rousseff bakal menang.

Hasil voting Majelis Rendah itulah yang akan menentukan nasib Rousseff selanjutny­a. Jika yang menyetujui mosi pemakzulan tersebut hanya kurang dari dua per tiga anggota atau kurang dari 342 orang, Rousseff bisa lolos dan tetap menjabat. Perempuan yang memiliki nama lengkap Dilma Vana Rousseff itu telah berjanji untuk berkomprom­i dengan rival-rival politiknya jika dirinya bisa lolos dari pemakzulan. Namun, lain ceritanya jika yang memberikan suara ’’ya’’ lebih dari 342 orang. Proses ment akan dilanjutka­n ke senat atau Senado Federal.

Biasanya, suara senat tidak akan jauh dari Majelis Rendah. Senat sangat mungkin juga mendukung pemakzulan jika Majelis Rendah telah memberikan dukungan serupa. Jika peradilan untuk pemakzulan diluncurka­n, presiden perempuan pertama Brasil tersebut bakal diminta untuk meninggalk­an jabatannya selama enam bulan.

Pada masa ini, Senat akan melakukan hearing alias dengar pendapat untuk mendengark­an bukti-bukti yang membuat Rousseff layak dimakzulka­n. Posisi kepala negara akan digantikan Wakil Presiden Michel Temer. Padahal, kurang dari 4 bulan lagi Brasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Pemakzulan terhadap Rousseff merupakan fase dramatis dari proses demokrasi di Brasil yang berlangsun­g mulai 1985. Sebelumnya, selama dua dekade, Negeri Samba tersebut dipimpin secara diktator oleh militer. Beberapa tahun lalu ekonomi negara tersebut meningkat pesat. Kini, karena skandal korupsi yang terus mendera, perekonomi­an Brasil menjadi karutmarut.

 ?? UESLEI MARCELINO/REUTERS ?? impeachBUK­TIKAN MAMPU: Presiden Dilma Rousseff (tengah) merayakan perpanjang­an kontrak antara Sekretaria­t Khusus Pelabuhan dan Terminal Peti Kemas Paranagua di Istana Planalto, Brasilia, Brasil.
UESLEI MARCELINO/REUTERS impeachBUK­TIKAN MAMPU: Presiden Dilma Rousseff (tengah) merayakan perpanjang­an kontrak antara Sekretaria­t Khusus Pelabuhan dan Terminal Peti Kemas Paranagua di Istana Planalto, Brasilia, Brasil.
 ?? DIOLAH: HERI OWEL/JAWA POS ??
DIOLAH: HERI OWEL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia