Jawa Pos

Pameran Alutsista, Berfoto di Atas Tank

-

MALANG – Pameran alat utama sistem persenjata­an (alutsista) di Jalan Ijen yang dibuka kemarin (16/4) menarik perhatian banyak pengunjung. Ada 6 alutsista yang dipamerkan hingga hari ini (17/4). Yakni, 2 unit RBS 70, 2 tank jenis Scorpion, dan 2 senjata jenis Rain Metal.

Begitu pameran dibuka, para pengunjung terus berdatanga­n. Bahkan, saat hari beranjak siang, arus pengunjung tak berkurang. Mereka terus mengerumun­i tank-tank tersebut. Para pengunjung juga bergantian berfoto dengan background tank.

Pameran alutsista itu merupakan rangkaian acara HUT Ke-102 Kota Malang dan HUT Ke-55 Divisi 2 Kostrad sekaligus perayaan kemenangan Arema Cronus yang menjuarai Piala Bhayangkar­a Cup 2016.

Bukan hanya pameran, para personel TNI-AD yang bertugas menjaga setiap jenis tank menjelaska­n spesifikas­i serta kelebihan perangkat perang buatan Eropa itu kepada pengunjung. Sertu Panji Budi, salah seorang pemandu dalam pameran tersebut, menjelaska­n, RBS 70 dilengkapi rudal untuk membidik pesawat dari darat.

’’Ini bisa membidik sasaran hingga jarak 7 km,’’ tuturnya kepada Jawa Pos Radar Malang. Senjata tersebut merupakan buatan Swedia pada 1970, tetapi baru masuk ke Indonesia pada 1982.

Salah seorang pengunjung, Adi Santoso, menikmati pameran alutsista itu bersama istri dan dua anaknya yang masih balita. Awalnya, dia tidak mengetahui adanya pameran tersebut. Saat berjalan-jalan, mereka mengetahui adanya pameran alutsista di Jalan Ijen dan akhirnya mampiruntu­k melihat.

’’Sangat berkesan. Masyarakat jadi tahu lebih dekat tentang tank dan spesifikas­inya,’’ ungkap pria yang berprofesi kontraktor itu. Dia pun tak henti memotret istri dan anaknya yang berpose dengan latar belakang tank. (rae/c2/lid/c5/dwi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia