Jawa Pos

Minibus Seruduk Tebing

-

SEBANYAK 12 mahasiswa dan dosen Universita­s PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya selamat dari bahaya. Mobil Isuzu Elf yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan ketika pulang dari kawasan wisata Kawah Gunung Ijen kemarin (16/4). Penumpang mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke RSUD Blambangan.

Musibah itu terjadi pukul 07.45. Lokasinya di barat erekerek yang memang dikenal sebagai jalur ekstrem untuk menuju kawasan wisata Kawah Gunung Ijen. Rombongan wisatawan asal Surabaya tersebut tidak mengetahui persis terjadinya kecelakaan itu. Sebab, saat kejadian, mereka tertidur pulas.

Made Bagus, salah seorang penumpang, menyatakan, melintasi turunan barat erek-erek, tiba-tiba mobil silver nopol N 7493 D tersebut seperti meloncat hingga menabrak tebing di pinggir jalan. ”Saya waktu itu tidur. Saat kendaraan belum menabrak tebing, saya terbangun. Mobil itu seperti meloncat,” jelasnya.

Dia dan korban lain berusaha keluar dari mobil. Kecelakaan itu diketahui Polisi Hutan (Polhut) yang kebetulan sedang melintas. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Licin. Sementara itu, korban yang terluka parah dilarikan ke RSUD Blambangan. ”Teman saya ada yang mengalami patah tulang, kalau saya hanya luka ringan di bahu kiri,” ujar Bagus.

Dia menduga, kecelakaan terjadi karena sopir Isuzu Elf lelah. Sebab, saat kendaraan turun dari Pos Paltuding, Bagus sempat mendengar sopir mengeluh capek. Kondisi kendaraan saat berangkat menuju kawasan Kawah Gunung Ijen relatif baik. ” Sopir mungkin mengantuk. Sebab, saat naik, kendaraan tidak rewel,” terangnya. (tfs/als/c5/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia