Jawa Pos

Menpora Resmi Izinkan ISC A

Juga Jamin Kickoff Berlangsun­g 29 April

-

JAKARTA – Pemerintah benar-benar berkomitme­n mendukung kompetisi Indonesia Soccer Championsh­ip (ISC) A 2016 digelar mulai 29 April nanti. Selain Presiden Joko Widodo ( Jokowi) yang lebih dulu menyatakan kesiapan untuk hadir membuka event tersebut, pihak Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pun telah mengizinka­n kompetisi itu berlangsun­g.

Kabar gembira bagi publik sepak bola tanah air tersebut disampaika­n Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto dalam jumpa pers di kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, kemarin sore (16/4). Dia mengakui telah mendapat mandat langsung dari Menpora Imam Nahrawi bahwa ISC A siap dijalankan.

” Kickoff ISC A 2016 aman sesuai jadwal terbaru, yaitu diselengga­rakan pada Jumat, 29 April 2016. Kami juga menjamin bahwa kompetisi itu aman diselengga­rakan selama satu musim,” jelas Gatot di depan para awak media. ”Ini adalah sikap resmi dari pemerintah, dalam hal ini adalah Kemenpora,” ucapnya.

Soal rekomendas­i dari Badan Olahraga Profesiona­l Indonesia (BOPI) dan Tim Transisi PSSI yang sebelumnya adalah syarat utama bagi sebuah operator untuk menggelar kompetisi, sudah tidak ada problem. Sebab, Gatot menjamin bahwa rekomendas­i itu segera mereka keluarkan dalam waktu dekat.

” Terkait rekomendas­i dari BOPI dan tim transisi akan segera dikeluarka­n dalam waktu dekat. Ini setelah ada perintah langsung dari Menpora,” terang pria yang juga menjabat deputi IV Kemenpora Bidang Peningkata­n Prestasi Olahraga tersebut. Hanya, untuk verifikasi data klub, Gatot mengungkap­kan bahwa itu adalah sebuah keharusan.

Sebab, lanjut pria asal Jogjakarta tersebut, dengan verifikasi yang dilakukan nanti, dapat diketahui klub mana saja yang sudah siap berkompeti­si di level atas dan tim mana yang tidak. Nah, untuk verifikasi itu, kewenangan­nya tetap akan diberikan kepada BOPI, lembaga pemerintah yang selama ini berperan memverifik­asi pelaksanaa­n olahraga profesiona­l.

Di sisi lain, Direktur Kompetisi dan Regulasi PT Gelora Trisula Semesta (GTS) Ratu Tisha Destria menyambut baik sikap Kemenpora tersebut. ”Kami sangat berterima kasih. Sejatinya kami sudah mendengar dukungan pemerintah kepada kompetisi ini sejak lama. Terutama ketika Presiden Jokowi memberikan sambutan saat penutupan final Piala Bhayangkar­a lalu,” katanya.

Tisha melanjutka­n, ketika itu orang nomor satu di Indonesia tersebut menyatakan bahwa Piala Bhayangkar­a adalah turnamen terakhir dan semua pelaku sepak bola sudah bisa merasakan lagi aura kompetisi jangka panjang. ”Tapi, kami tidak mau mengklaim ucapan presiden itu sebagai dukungan sebelum ada surat resmi,” tutur perempuan cantik tersebut.

Sebagai catatan, izin bergulirny­a ISC A sempat menjadi polemik setelah BOPI enggan memverifik­asi data-data klub yang diberikan PT GTS selaku operator kompetisi. Alasan BOPI, GTS belum mendapat rekomendas­i dari Tim Transisi PSSI untuk menyelengg­arakan kompetisi terobosan pengganti ISL tersebut. (ben/c9/ko)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia