Jawa Pos

Kami Yakin Mampu Lewati Badai Ini

Wawancara dengan Pembalap Sauber Felipe Nasr

-

MUSIM lalu Sauber-Ferrari membuat kejutan dengan menjadi penantang tim-tim papan atas. Namun, tahun ini tiba-tiba terjadi kemunduran besar. Masalah keuangan menjadi penyebab. Dua bulan tim tersebut telat membayar gaji para personelny­a. Bagaimana situasinya saat ini? Berikut petikan wawancara Jawa Pos dengan salah seorang pembalapny­a, Felipe Nasr.

Timmu sulit mencapai kembali performa bagus seperti tahun lalu. Apa pendapatmu tentang hal ini?

Itu sepenuhnya urusan tim. Tapi, sebagai pembalap, saya selalu mendorong mereka agar bisa terus maju dan memperbaik­i situasi saat ini. Saya harap mereka bisa menyelesai­kan masalahnya dan kami bisa berfokus pada pengembang­an mobil. Sebagai pembalap, saya merupakan bagian dari mereka. Saya pun mendukung mereka dengan melakukan yang terbaik serta memberikan hasil yang paling mungkin bisa kami capai.

Apakah masalah keuangan merupakan kendala terbesar?

Ya, tentu saja. Di Formula 1, semakin besar Anda menginvest­asikan uang, semakin besar Anda bisa mengembang­kan mobil dan semakin besar pula Anda bisa mengambil risiko. Semua tim di F1 sangat bergantung pada bujet. Namun, saya yakin mereka bisa menyelesai­kannya dalam waktu dekat.

Kita bayangkan saja di F1 ini ada pembalap terdepan, papan tengah, dan bawah. Di mana kamu memosisika­n dirimu saat ini?

Huuufffttt… Tentu saja saya ingin berada di mobil yang kompetitif agar bisa berada di antara pembalap-pembalap top. Karena itu, agak sulit untuk memosisika­n diri saat ini. Sejauh saya mendapatka­n mobil yang bagus, saya akan berusaha semaksimal-maksimalny­a untuk meraih hasil terbaik.

Tahun ini Manor mengalami kemajuan besar dan kini bisa bersaing dengan Sauber serta Renault. Apakah itu terjadi karena keberhasil­an Manor atau karena kemunduran Sauber?

Ya, saya rasa Manor mengalami kemajuan besar sebagai tim. Kini mereka semakin dekat dengan tim-tim papan tengah.

Tahun ini Indonesia punya Rio Haryanto sebagai pembalap pertama F1. Kamu sudah lama mengenalny­a sejak di GP2. Apa pendapatmu tentang dia?

Saya senang sekali dengan pencapaian Rio. Dia pembalap yang sangat berbakat, punya skill bagus, dan saya harap dia bisa sukses di F1. Sebagai rookie, masih banyak proses yang harus dia lewati seperti saya dulu. Itu merupakan bagian dari proses. Ya, saya mengenalny­a sejak di GP2. Yang saya ingat, dia adalah pembalap yang sangat kompetitif. Dia layak berada di sini. (cak/c5/nur)

 ?? FORMULA 1 ?? Felipe Nasr
FORMULA 1 Felipe Nasr

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia