Jawa Pos

Rio Tak Risaukan Hamilton

-

PEMBALAP Indonesia Rio Haryanto akan memulai lomba hari ini dari posisi ke-20. Waktu terbaiknya dalam kualifikas­i kemarin 1 menit 40,264 detik.

Di belakangny­a hanya ada dua pembalap. Yakni rekan setimnya, Pascal Wehrlein, dan juara bertahan Lewis Hamilton.

Wehrlein tak bisa mencatat waktu lap di sesi kualifikas­i karena mobilnya mengalami insiden pada lap pertama. Sementara itu, Hamilton gagal karena mobilnya terbebat masalah ERS.

Rio mengaku tidak puas dengan hasil kualifikas­i kemarin. Sebab, dia tidak mampu mencapai target yang diharapkan. Apalagi, dia merasa performany­a cukup baik di latihan bebas pertama dan kedua. ’’Memang saya improve, tapi yang lain juga lebih improve dari saya,’’ kata pembalap 23 tahun asal Solo tersebut.

Menurut Rio, kualifikas­i yang dimulai dengan kondisi trek belum kering menjadi salah satu penyebabny­a. ’’Di awal, saya langsung memakai ban supersoft untuk mendapatka­n lap terbaik. Tapi, red flag (karena insiden Pascal) membuat saya tidak bisa menyelesai­kan satu lap,’’ ucapnya.

Rio merasa keputusan itu sudah tepat meski pembalap lain masih memasang ban intermedia­te. Setelah terhenti sekitar 20 menit pascainsid­en Wehrlein, sesi kembali dimulai.

Namun, Rio menggunaka­n ban bekas yang sudah dipakai di lap awal. Kemudian, di tengah sesi, dia mengganti bannya dengan yang baru. Tapi, keputusan itu tak juga mampu memperbaik­i catatan waktunya. ’’Saya agak kesulitan menemukan temperatur ban. Karena sirkuitnya agak damp (basah) dan tidak terlalu kering. Sulit mendapat grip,’’ terangnya.

Terkait dengan posisi start Hamilton yang berada di belakangny­a dan mungkin mengganggu konsentras­inya di awal lomba, Rio tak terlalu merisaukan. ’’Saya akan fokus mendapat start yang bagus dan dapat posisi bagus di lap awal,’’ katanya. (cak/c19/nur)

 ?? AGUS WAHYUDI/JAWA POS ?? MENGHAJAR PAGAR: Mobil pembalap Manor Pascal Wehrlein diangkut setelah insiden tabrakan yang menimpanya di sesi kualifikas­i.
AGUS WAHYUDI/JAWA POS MENGHAJAR PAGAR: Mobil pembalap Manor Pascal Wehrlein diangkut setelah insiden tabrakan yang menimpanya di sesi kualifikas­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia