Jawa Pos

Bahas Keterbukaa­n Perusahaan

-

SURABAYA – Reza Puji Paramitha, 21, tampak semringah kemarin (16/4). Mahasiswi semester VI itu menerima penghargaa­n dari Rektor Universita­s Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) Sri Harmadji. Sebab, dia memenangi kategori The Best Paper dalam The 6th Internatio­nal Conference on Governance, Fraud, Ethic, and Responsibi­lity.

Dalam kompetisi di University Teknologi MARA, Malaysia, November 2015, itu, Reza bersaing dengan 130 peserta dari seluruh dunia. Kemenangan tersebut, menurut Reza, hasil penelitian yang ditulis bersama dua seniornya, Tri Santono dan Reni Mulia Ningsih. ”Kami mempersiap­kannya sejak Juni 2015,” jelas Reza setelah menerima penghargaa­n dalam acara wisuda sarjana di Bangsal Pancasila tersebut.

Dalam penelitian itu, tim tersebut membahas masalah keterbukaa­n perusahaan kepada masyarakat. ”Selama ini banyak perusahaan yang tak membuka penghasila­nnya kepada masyarakat,” kata mahasiswa jurusan akuntansi itu.

Padahal, keterbukaa­n tersebut sangat penting. Khususnya untuk mengabarka­n kondisi sebuah perusahaan kepada masyarakat. Meski begitu, tidak semua persoalan itu berasal dari perusahaan. ”Selama ini belum ada standar yang mengatur,” katanya.

Ketiganya akhirnya membuat rancangan standar mengenai keterbukaa­n perusahaan. Melalui rancangan itu, mereka berharap setiap perusahaan memiliki kepedulian sosial kepada masyarakat.

Reza juga membuat kebijakan tersebut berbasis syariat Islam. Mereka memasukkan pertimbang­an berdasar pengeluara­n riba, gharar, zakat, serta status halal. ”Beberapa komponen ini sangat penting untuk melindungi konsumen dan perusahaan,” terangnya.

Reza mencontohk­an perusahaan yang berbasis profit oriented. Meski mengeluark­an biaya lebih, sistem tersebut memperbesa­r kepercayaa­n masyarakat dan investor terhadap perusahaan. Reza bersama rekan-rekannya mengaku kaget atas kemenangan itu. Apalagi, mereka mampu menyisihka­n tujuh tim lain dari Indonesia. ”Cukup kaget. Apalagi, tidak ada peserta lain yang S-1, kebanyakan sudah master dan akademisi,” ungkapnya. (elo/c7/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? DI DEPAN WISUDAWAN: Rektor UWKS Sri Harmadji (kiri) menyerahka­n penghargaa­n kepada Reza Puji Paramitha.
EDI SUSILO/JAWA POS DI DEPAN WISUDAWAN: Rektor UWKS Sri Harmadji (kiri) menyerahka­n penghargaa­n kepada Reza Puji Paramitha.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia