Jawa Pos

Pamer Karya Kreatif Siswa

-

GRESIK – Bahan-bahan bekas bisa menjadi beragam produk kerajinan di tangan muridmurid SD Muhammadiy­ah 1 GKB di Jalan Belitung. Karyanya bagus dan berfungsi.

Berbagai karya dipamerkan. Ada dua lampu hias dari sendok plastik bekas. Itu karya siswa kelas IV. Ada kerajinan bunga plastik di pot berbahan koran bekas. Ada juga bunga sakura dari kulit bawang putih. ”Semuanya karya siswa. Nanti dinilai juri,” kata Rusdia Arifani, humas panitia pameran, kemarin (16/4).

Rusdia menyatakan, hasil karya tersebut menjadi salah satu wujud peduli lingkungan. Sampah masih bisa dimanfaatk­an lagi. Siswa dituntut kreatif. Namun, memang ada beberapa siswa yang masih didampingi orang tua dalam pembuatan kerajinan sampah daur ulang.

Semua hasil kerajinan siswa itu akan menjadi koleksi sekolah. Tujuannya, memberikan apresiasi bagi karya siswanya. ”Jadi, bukan untuk diperjualb­elikan,” terangnya.

Salah seorang juri Elvi Soraya menyatakan, ada beberapa kriteria penilaian. Selain tampilan, aspek lain yang dinilai adalah fungsi karyanya. ”Misalnya, lampu hias. Walaupun daur ulang, kan tetap bisa berfungsi (menyala, Red),” ujarnya.

Pameran juga diisi berbagai kegiatan. Salah satunya perpaduan musik tradisiona­l dan modern sebagai pembukaan. Selain itu, ada pameran jajanan Nusantara. Pesertanya wali murid. ( adi/c7/roz)

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? MACAM-MACAM: Elvi Soraya, juri yang juga guru, sedang menilai karya siswa dari daur ulang sampah.
ADI WIJAYA/JAWA POS MACAM-MACAM: Elvi Soraya, juri yang juga guru, sedang menilai karya siswa dari daur ulang sampah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia