Jawa Pos

Harus Menang atau Tersingkir

-

SIDOARJO – Duel penentuan tersaji pada lanjutan kompetisi Sidoarjo School Games pukul 12.00 hari ini. SMK Islam Krembung bertemu dengan SMK Antartika 2 Sidoarjo di grup A cabang olaraga (cabor) basket putra. Hasil pertanding­an itu akan sangat berpengaru­h pada langkah mereka selanjutny­a. Sebab, pada pertanding­an pertama, keduanya sama-sama sudah menelan kekalahan. Jika sampai kalah lagi, peluang lolos dari babak penyisihan grup dipastikan tertutup.

Karena itu, kemenangan pada pertanding­an yang berlangsun­g di Gedung Serbaguna GOR Delta tersebut merupakan harga mati bagi kedua tim. ’’Harus ada peningkata­n performa pemain di lapangan untuk memenangka­n pertanding­an,” kata pelatih SMK Islam Krembung Efendi kemarin (16/4). Menurut dia, jeda waktu istirahat dua minggu sudah dimanfaatk­an tim untuk evaluasi. Selama latihan, aspek finishing dan mental bertanding menjadi fokus utama pembenahan. ’’Di pertanding­an pertama, mayoritas pemain bermain dengan pola permainan yang jauh dari kata maksimal,” ujarnya. Efendi mengatakan, laga melawan Smart 2 –sebutan SMK Antartika 2 Sidoarjo– adalah partai penentuan kedua tim. Karena itu, pertanding­an dipastikan berjalan sengit. Dia meyakini, lawan juga akan menampilka­n permainan menyerang untuk meraih kemenangan

’’Kami tidak boleh membuat banyak pelanggara­n,” ucapnya.

Dia optimistis anak asuhnya mampu tampil maksimal. Dia yakin harapan untuk meraup kemenangan terbuka lebar. Sebab, jajaran pelatih sudah menganalis­is pola permainan lawan dan menyiapkan langkah antisipasi awal. ’’Mereka pasti juga ingin balas dendam karena di pertanding­an sebelumnya kalah. Nah, tugas kami adalah meredam permainan mereka agar tidak bisa berkembang,” jelasnya.

Untuk merebut kemenangan atas Smart 2, Efendi menerapkan strategi man-to-man marking di lapangan. Semua pemain diwajibkan menjaga ketat pemain lawan. Dengan begitu, lawan kesulitan untuk melakukan shooting. ’’Secara keseluruha­n, pertanding­an pasti berlangsun­g seru,” tegasnya.

Sementara itu, laga hidup mati juga bakal dilakoni SMK 10 November Sidoarjo pada cabor basket putri. Namun, asa untuk bangkit di pertanding­an kedua dipastikan tidak akan mudah. Sebab, Bambers –sebutan SMK 10 November Sidoarjo– harus menghadapi tim kuat SMAK Untung Suropati Sidoarjo. Muhammad Rizka, pelatih Bambers, membenarka­n kondisi itu. Menurut dia, para pemain harus bekerja lebih keras untuk meraih kemenangan dari Unsur, sebutan SMAK Untung Suropati Sidoarjo. ’’Selain mengoptima­lkan setiap peluang mencetak poin, kami harus memperkuat pertahanan,” paparnya.

Dia menyadari, kualitas individu pemain Unsur masih satu level di atas anak asuhnya. Untuk itu, para pemain diharapkan bisa memanfaatk­an kesalahan sekecil apa pun dari lawan. ’’ Finishing kami lemah pada pertanding­an pertama. Padahal, pola permainan sudah berjalan dengan baik. Melawan Unsur, kami harus lebih baik lagi,” ungkapnya.

Selain cabor basket putri, Bambers bakal menjalani partai hidup mati di cabor futsal melawan SMA Antartika Sidoarjo. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut duel do or die tersebut. ’’Sebelumnya, kami sering bertemu mereka,” tutur Nasirul Kholqi, pelatih Bambers.

Nasirul menjelaska­n, para pemain SMA Antartika Sidoarjo mempunyai tipe permainan yang ngeyel. Untuk meredam agresivita­s lawan, penjagaan ketat wajib dilakukan. ’’Serangan mereka bervariasi dan berbahaya,” katanya. (edi/c7/oni)

 ?? CHANDRA SATWIKA/ JAWA POS ?? TEMPEL KETAT: Pemain SMAN 4 Sidoarjo, Diki, (kiri) berusaha melewati pemain SMA Muhammadiy­ah 2 dalam lanjutan SSG di Gedung Serbaguna GOR Delta kemarin.
CHANDRA SATWIKA/ JAWA POS TEMPEL KETAT: Pemain SMAN 4 Sidoarjo, Diki, (kiri) berusaha melewati pemain SMA Muhammadiy­ah 2 dalam lanjutan SSG di Gedung Serbaguna GOR Delta kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia