Jawa Pos

Scouts Cilik Siap Taklukkan Province Championsh­ip

-

GRESIK – Kabupaten Gresik telah siap menjadi tuan rumah event Pramuka paling akbar. Pada 16–18 September mendatang ribuan scouts cilik berlomba dalam Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2016 Province Championsh­ip Jawa Timur di Buperta Sunan Kalijaga, Kecamatan Sidayu. Hadiahnya berkemah dan jalan-jalan ke Amerika Serikat.

Kemarin (31/8) Kwarda Pramuka Jatim mengadakan technical meeting di Bumi Perkemahan dan Pariwisata (Buperta) Sunan Kalijaga. Total ada 180 pembina pendamping yang terlibat. Wakil Ketua (Waka) Bina Muda Kwarda Jatim Hariadi Purwantoro menyatakan, final province championsh­ip bakal heboh. Puluhan lomba menarik dan menyenangk­an sudah disiapkan untuk peserta.

’’Lombanya pasti seru. Karena menguji mental, kejelian, kecermatan, dan kecerdasan siswa,’’ kata Hariadi. Final tingkat provinsi itu diikuti peserta dari 36 kwartir cabang (kwarcab) se-Jatim. Total 1.500 peserta pramuka cilik bakal unjuk kebolehan. Masing-masing 750 putra dan 750 putri yang ratarata siswa kelas V dan VI. Mereka adalah peserta terbaik yang lolos seleksi di tingkat regional championsh­ip (kabupaten/kota).

Hariadi menambahka­n, regu terbaik Kwarda Jatim otomatis lolos dan berhak terbang ke Amerika. Meski tidak menang di tingkat nasional tetap bisa berangkat. ’’Ini berlaku khusus untuk Jawa Timur,’’ paparnya. Setelah province championsh­ip, regu-regu terbaik se-Indonesia memang akan mengikuti ajang final national championsh­ip. Final ISC 2016 dilangsung­kan di Prambanan, Jogjakarta, pada 24–26 Oktober.

Wakil Bupati Gresik M. Qosim menyatakan berterima kasih karena Gresik terpilih sebagai tuan rumah Province Championsh­ip ISC 2016. Meski Buperta Sunan Kalijaga baru dikerjakan tahun ini, Gresik akan all-out memberikan yang terbaik untuk peserta.

Kini Kwarcab Gresik sudah menyiapkan berbagai kebutuhan. Mulai tempat tenda, air, fasilitas MCK, sampai listrik. Air danau buatan di areal buperta pun diupayakan bisa digunakan. ’’Mudah-mudahan dengan sisa waktu sampai hari H nanti air di areal buperta sudah terisi,’’ katanya. (mar/c15/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? BERIKAN YANG TERBAIK: Moh. Qosim menjelaska­n persiapan lokasi final ISC di Buperta Sunan Kalijaga, Kecamatan Sidayu.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS BERIKAN YANG TERBAIK: Moh. Qosim menjelaska­n persiapan lokasi final ISC di Buperta Sunan Kalijaga, Kecamatan Sidayu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia