Jawa Pos

Mahkamah Minta Support Pemerintah

Jadi Sekretaria­t Tetap MK Asia

-

JAKARTA – Penunjukan Jakarta sebagai sekretaria­t tetap Mahkamah Konstitusi (MK) se-Asia menjadi kehormatan bagi Indonesia. Kemarin (1/9) Ketua MK Arief Hidayat dan Wakil Ketua MK Anwar Usman menemui Presiden Joko Widodo. Salah satu agendanya, menyampaik­an hasil Kongres Associatio­n of Asian Constituti­onal Court and Equivalent Institutio­n (AACC) di Bali pertengaha­n Agustus lalu.

Setelah pertemuan, Arief menjelaska­n bahwa sekretaria­t tetap MK se-Asia ada tiga. Sekretaria­t tetap pusat bakal berada di Jakarta. Kemudian, untuk developmen­t, sekretaria­t berpusat di Korea Selatan. Sementara itu, pusat diklat berada di Turki. Indonesia akan menjadi payung secara keseluruha­n.

Kemudian, dia selaku ketua MK juga diminta untuk menjabat kembali sebagai presiden MK se-Asia untuk masa jabatan satu tahun. Tradisinya, jabatan presiden MK Asia berlangsun­g dua tahun dan hanya dipilih untuk sekali masa jabatan. Namun, ada pengecuali­an untuk kali ini. ’’Indonesia masih dipercaya, sekaligus untuk memantapka­n pendirian sekre- tariat tetap,’’ ujarnya seusai pertemuan.

Untuk menyiapkan sekretaria­t tetap itulah, MK meminta dukungan dari pemerintah. ’’Konsekuens­inya, misalnya, ada anggaran khusus yang dipakai untuk kesekretar­iatan,’’ terang Arief. Presiden, lanjut Arief, mendukung penuh. Dia bakal berbicara kepada para menterinya untuk menambah alokasi bagi sekretaria­t tetap MK Asia. (byu/c10/agm)

 ?? BAYU PUTRA/JAWA POS ?? research and MENGHADAP PRESIDEN: Ketua MK Arief Hidayat (kanan) tiba di kompleks kepresiden­an, Jakarta, kemarin.
BAYU PUTRA/JAWA POS research and MENGHADAP PRESIDEN: Ketua MK Arief Hidayat (kanan) tiba di kompleks kepresiden­an, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia