Jawa Pos

Deflasi Terendah sejak 15 Tahun

Target Inflasi Tahun Ini Bakal Tercapai

-

JAKARTA – Tren inflasi rendah berlanjut. Bahkan, pada Agustus 2016, terjadi deflasi 0,02 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, deflasi pada Agustus tahun ini merupakan yang terendah sejak Agustus 2001.

Sementara itu, tingkat inflasi untuk tahun kalender (Januari–Juli) 2016 tercatat 1,74 persen. Inflasi itu juga terendah sejak 2011. ’’Deflasi Agustus terendah sejak Agustus 2001 selama 15 tahun. Tingkat inflasi Juli secara year on year sebesar 2,79 persen, terendah sejak Desember 2009,’’ papar Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di gedung BPS kemarin (1/9).

Menko Perekonomi­an Darmin Nasution menyatakan, terkendali­nya inflasi tersebut adalah hasil dari upaya pemerintah mengendali­kan harga beberapa komoditas pangan strategis. ’’Pada minggu mendatang, harga daging kami coba tekan lagi karena tidak mau turun juga,’’ ujar Darmin di kantornya kemarin.

Darmin menuturkan, pemerintah akan terus berupaya menurunkan harga komoditas pangan strategis. Dengan begitu, target inflasi tahun ini yang sebesar 4 persen bisa tercapai. ’’Jadi, satu per satu kami kendalikan harganya. Pemerintah bertekad betul supaya inflasi jangan tinggi. Setinggi-tingginya 4 persen, kalau bisa di bawah itu,’’ kata Darmin.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengungkap­kan, capaian deflasi kali ini sejalan dengan perkiraan bank sentral. Tirta menambahka­n bahwa deflasi tersebut lebih rendah daripada perkembang­an harga pada periode pascaIdul Fitri dalam lima tahun terakhir yang biasanya masih mencatat inflasi. (ken/c14/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia