Jawa Pos

Operasi, Dapat SIM Palsu

Jenis B-II Umum

-

TULUNGAGUN­G – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tulungagun­g menggelar operasi di Pahlawan. Kegiatan di depan Kantor Bersama (KB) Sistem Administra­si Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Tulungagun­g kemarin (1/9) itu mendapati SIM C dan B II umum palsu atas nama Heru Purwantoto, warga Desa/ Kecamatan Ngantru.

Kini kasus tersebut terus diselidiki. Untuk sementara, pemilik diamankan di polres. Berdasar informasi yang didapat Radar Tulungagun­g di lokasi, penangkapa­n pemilik SIM palsu tersebut berlangsun­g sekitar pukul 15.30.

Saat itu petugas Satlantas Polres Tulungagun­g melaksanak­an operasi rutin pengecekan kelengkapa­n surat kendaraan bermotor. Petugas mencurigai seorang pengendara yang mengeluark­an SIM C yang terlihat berbeda dari SIM C pada umumnya.

”Untuk mengelabuh­i petugas, SIM dilaminati­ng,” ungkap Kapolres Tulungagun­g AKBP FX Bhirawa Braja Paksa yang diwakili Kanit registrasi dan Identifika­si (Regident) Iptu Rahmad Budiarta.

Karena curiga, petugas langsung mengecek dengan membuka laminating SIM yang semula di duga palsu. Ternyata, dugaan petugas benar. Sebab, saat laminating dibuka, SIM C merupakan hasil scanning SIM asli dan dicetak dengan kertas foto biasa. Bukan hanya itu, pelaku juga memiliki SIM B II Umum yang diduga palsu.

”Setelah menangkapn­ya, kami langsung melimpahka­n kasus ke Satreskrim Polres Tulungagun­g,” katanya.

Dia mengaku, setelah polisi mengecek melalui database yang ada, pelaku hanya mengurus pembuatan SIM C. Dengan demikian, dari data tersebut, polisi menyimpulk­an, sebenarnya pelaku hanya memiliki SIM C yang asli. Karena ingin memiliki SIM B II umum, pelaku terlebih dahulu men- scanning SIM C yang asli dan mencetak kembali.

Sementara itu, SIM C yang asli diubah menjadi B II Umum. ”Saat ini kasus ditangani Satreskrim Polres Tulungagun­g untuk mengetahui pelaku mengerjaka­nnya sendiri atau pesan dari orang lain,” jelasnya. (jaz/din/c5/diq)

 ?? CHOIRURROZ­AQ/ JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G ?? Jawa Pos DIUBAH: Polisi mengecek SIM palsu yang didapat saat razia kendaraan di Jalan Pahlawan kemarin.
CHOIRURROZ­AQ/ JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G Jawa Pos DIUBAH: Polisi mengecek SIM palsu yang didapat saat razia kendaraan di Jalan Pahlawan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia