Jawa Pos

Sponsor Datang Lagi, Rambut Kembali Cokelat

Kesuksesan kontingen AS berjaya di Olimpiade Rio de Janeiro ternoda ulah Ryan Lochte yang berbohong sebagai korban perampokan. Perenang 32 tahun itu pun dicap pembual sampai bikin malu. Kini Lochte membangun ulang reputasiny­a. Ryan Lochte ”Hidup Lagi” set

-

ADA yang berbeda dalam video berdurasi 19 detik yang di- Ryan Lochte di Instagram- nya pada Rabu lalu (31/8). Yang pertama, tidak tampak lagi rambut warna perak yang menghiasi kepalanya sepanjang perhelatan Olimpiade Rio. Rambutnya kini kembali normal. Berwarna kecokelata­n. Nah, yang kedua, Lochte mempro- mosikan alat berjuluk ”granat suara”. Alat tersebut adalah alarm portabel buatan ROBOCOPP. ”Saya sangat sering bepergian. Kita semua suka bersenang-senang. Tapi, ide bagus untuk tetap aman. Ini adalah peralatan mungil. Yang perlu Anda lakukan tinggal menarik pin dalam situasi yang buruk,” kata perenang berjuluk The Lochtenato­r itu.

Jill Turner, juru bicara ROBOCOPP, membenarka­n kerja sama antara perusahaan­nya dan Lochte. Kenapa memilih Lochte? ’’Karena dia memang perenang terbaik yang pernah dihasilkan negeri ini,” katanya seolah mengabaika­n perenang hebat AS lainnya (baca: Michael Phelps) kepada NBC News.

Deal tersebut merupakan yang kedua bagi Lochte pascaskand­al kebohongan­nya di Olimpiade Rio

Sepekan sebelumnya, peraih 12 medali Olimpiade (6 emas, 3 perak, dan 3 perunggu) itu digaet perusahaan permen, Pine Bros. ”Kita semua pernah melakukan kesalahan,” kata CEO Pine Bros Rider McDowell seperti dilansir E! News. ”Ryan adalah sosok yang hebat dan dia telah melakukan banyak hal baik. Saya yakin fans Pine Bros akan mendukung langkah kami dalam memberikan kesempatan kedua kepadanya,” imbuhnya.

Daftar sponsor Lochte bakal bertambah seiring sudah adanya tawaran dari Playgirl. Majalah perempuan dewasa itu mengklaim sudah lama mengincar perenang 32 tahun tersebut lantaran dianggap memenuhi kriteria ideal mereka. Yakni, sosok pria maskulin, seksi, dan atletis. ”Kami siap menawarkan kepada para laki-laki dan perempuan Amerika apa yang sebenarnya diinginkan Ryan Lochte, yaitu bugil (tidak dalam pakaian renang, Red),” kata Daniel Nardicio, juru bicara Playgirl.

Kehadiran sponsor baru itu memang belum sepadan dengan empat sponsor lama Lochte yang menarik diri pascaskand­al kebohongan Olimpiade. Yakni, Speedo, Airweave, Ralph Lauren, dan Syneron Candela. Meski begitu, Lochte telah menata lagi kepingan nama baiknya yang berantakan gara-gara insiden pada pekan kedua Olimpiade (14/8).

Dalam pernyataan kepada wartawan di athlete village pada Senin pagi (15/8), Lochte bercerita bahwa kejadian itu dialami setelah pulang jalan-jalan dengan naik taksi bersama tiga rekannya dari pusat Kota Rio. Ketiga temannya adalah Jimmy Feign, Jack Conger, dan Gunnar Bentz.

Lochte mengaku tiba-tiba ditodong pistol oleh seorang perampok. Pelaku disebutnya seorang pria yang mengenakan seragam aparat kepolisian. Dia dimintai sejumlah uang jika ingin selamat. Kasus itu pun membuat geger. Pihak keamanan Brasil berjanji mengusut tuntas.

Namun, setelah diusut, polisi Brasil menuduh balik Lochte. Mereka menyebut pemegang rekor dunia dalam tiga nomor tersebut mengarang cerita. Versi polisi, Lochte dan ketiga temannya merusak kamar kecil sebu- ah pom bensin. Mereka mabuk berat kala itu. Petugas keamanan yang berjaga di tempat tersebut akhirnya mengambil tindakan.

Tapi, Lochte dkk tidak kooperatif dan melawan. Kedua pihak pun bersitegan­g. Petugas keamanan lantas mengacungk­an senjata untuk memaksa mereka membayar denda USD 11 ribu (Rp 146 juta) perbaikan fasilitas umum yang dirusak.

Lochte pun akhirnya mengakui kebohongan­nya. ”Aku berlebihan tentang cerita perampokan itu. Aku menghilang­kan beberapa detail yang membuat semua kekacauan ini terjadi,” ucapnya dalam permintaan maaf yang disiarkan televisi NBC (22/8). Sebelumnya, Lochte lebih dahulu meminta maaf kepada masyarakat Brasil. Pernyataan itu disiarkan langsung televisi nasional Brasil, Globo.

Untuk memperbaik­i reputasiny­a, Lochte sepakat untuk mengikuti ajang reality show, Dancing with the Stars ( DWTS) season 23. Program tersebut rencananya mulai tayang pada 12 September nanti. ” DWTS akan membuat semua orang tahu bahwa aku sebenarnya adalah penyayang dan peduli sesama,” ucap Lochte kepada TMZ. (irr/c6/dns)

 ?? AINUR ROHMAN/JAWA POS ?? posting BANGKIT LAGI: Perenang Amerika Serikat Ryan Lochte saat memberikan keterangan di hadapan media saat Olimpiade Rio de Janeiro 2016.
AINUR ROHMAN/JAWA POS posting BANGKIT LAGI: Perenang Amerika Serikat Ryan Lochte saat memberikan keterangan di hadapan media saat Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia