Jawa Pos

Edu Ubah Pola Latihan

-

PELATIH tim nasional (timnas) U-19 Eduard Tjong lega. Empat pemainnya yang terpapar cacar air sudah mulai menunjukka­n tanda-tanda membaik. ’’Saya memang sempat mengkhawat­irkan fisik mereka bakal drop saat kejuaraan sudah sangat mepet,” tutur Edu, sapaan akrab Eduard Tjong.

Para pemain tersebut adalah Satria Wardana, Arizky Wahyu Satriya, Nevy Dwaramury, dan Habibi. Mereka harus absen sejak tiga hari lalu dari program latihan demi menjalani masa penyembuha­n.

Satria Wardana lebih dahulu terpapar virus itu, lalu menularkan­nya kepada tiga rekan yang lain. Mereka pun langsung dikarantin­a dan dilburkan dari latihan selama tiga hari.

Edu juga telah memutuskan mengubah program latihan bagi Dimas Drajad dkk. Bila sebelumnya program didominasi latihan fisik, kini mantan pelatih PS TNI tersebut memperbany­ak latihan teknik. Selain untuk menjaga kondisi kesehatan pemain, itu dilakukan demi meningkatk­an chemistry pemain.

’’Mulai besok (hari ini, Red), porsi latihan akan diubah jadi 60 persen latihan taktik dan 40 persen fisik. Kami harus mengambil langkah ini untuk menjaga kondisi fisik pemain agar tidak jatuh,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan bantuan Rp 1 miliar kepada timnas U-19 melalui PSSI. Jumlah tersebut tidak sesuai dengan permintaan PSSI sebesar Rp 3 miliar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia