Jawa Pos

Ski Berpeluang Lampaui Target

Setelah Pupul Dipastikan Tampil

-

GRESIK – Empat emas adalah target yang dicanangka­n KONI Jawa Timur bagi cabor ski air dalam ajang PON XIX/2016 Jawa Barat. Empat medali emas itu ditargetka­n bisa diraih pada nomor jumping putra, overall putra, trick putri, dan wakeboard putri.

Ketua PSAWI (Persatuan Ski Air & Wakeboard Indonesia) Jawa Timur Baiq Vera Yolandasar­i menyatakan, medali yang didapat nanti bisa saja melampaui target KONI. Sebab, peski air andalan Jatim Endhar Pupul Giritya dipastikan turun pada pergelaran PON bulan ini. ’’Dari Pupul (panggilan Endhar Pupul Giritya, Red) sebenarnya kita bisa dapat lima emas. Tetapi, dia harus meningkatk­an performany­a di sisa waktu yang ada,’’ terang Yola.

Sebelumnya, Pupul sempat diragukan bisa tampil di ajang PON Jawa Barat yang berlansung per- tengahan bulan ini. Sebab, dia baru saja melahirkan anak pertamanya pada 27 April lalu. Setelah melahirkan, Pupul harus absen tiga bulan. ’’Habis melahirkan, otot-otot saya tidak seperti dulu lagi. Badan juga lebih cepat capek,’’ kata Pupul kemarin.

Namun, dalam sebulan terakhir, Pupul sudah bisa kembali berlatih secara rutin bersamasam­a rekannya di Danau Ngipik. Dia bahkan sudah bisa melakukan jumping, nomor yang menjadi andalannya selama ini.

Pada 2011, Pupul pernah menorehkan best record dalam kejuaraan Asian Nautique di Putrajaya, Malaysia. Kala itu dia mampu melakukan jumping dengan jarak 34 meter. Saat PraPON November lalu, dia juga mampu turun di nomor jumping. Padahal, dia hamil dua bulan.

Meski berlomba dalam keadaan hamil, Pupul masih mampu mempersemb­ahkan emas setelah melakukan jumping dengan jarak 30 meter. ’’Sekarang sudah bisa jumping. Tetapi, seperti baru mulai lagi. Jadi, latihan fisik juga harus ditambah seminggu tiga kali,’’ lanjut Pupul.

Selain itu, ujar Pupul, dirinya masih menunggu instruksi dari sang pelatih, Daud Wangka, terkait dengan nomor apa saja yang akan diikuti pada PON nanti. Sejatinya, selain nomor jumping putri yang menjadi andalannya, Pupul berpeluang turun di nomor slalom, trick, overall, dan tim ski air.

Sebab, dalam kejuaraan Malaysian Nationals Waterski Championsh­ip 2016 pada 14–17 Agustus lalu, Pupul sudah bisa turun pada nomor slalom dan trick. Namun, kala itu dia belum mampu mempersemb­ahkan medali bagi tim Jatim. Ibunda Ethan Jethro Mathieu Panjaitan itu hanya mampu finis di peringkat kelima pada nomor slalom dan peringkat keempat pada nomor trick. ’’Jadi, persiapann­ya harus ditambah lagi sebelum turun di PON,’’ papar Pupul.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? TINGKATKAN PERFORMA: Atlet ski air Jatim Endhar Pupul Giritya berlatih di Telaga Ngipik, Gresik.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS TINGKATKAN PERFORMA: Atlet ski air Jatim Endhar Pupul Giritya berlatih di Telaga Ngipik, Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia