Jawa Pos

PB PON Klaim Persiapan 100 Persen

-

KESIAPAN Jawa Barat menggelar PPON XIX/2016 juga menjadi salah satu perhatianp­erha penting pemintah pusat. Kemarin GuberGuber­nur J Jawa B Barat t Ah Ah ma d d H H e r y awan b bersama MMenpora Imam Nahrawi bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla untuk melaporkan persiapan akhir Jabar menjadi tuan rumah PON. Ahmad Heryawan mengatakan, seluruh

venue untuk PON XIX sudah siap dipergunak­an. Yang masih dalam pengerjaan hanya beberapa sarana pendukung, misalnya jalan dan taman. Sebanyak 59 veneu yang akan digunakan juga sudah siap dites untuk setiap cabang olahraga. ’’Seluruh venue sudah dalam posisi function asset,’’ ujar gubernur yang akrab disapa Aher itu setelah bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres kemarin pagi.

Untuk opening ceremony, Presiden Joko Widodo akan hadir. Sedangkan Wapres dijadwalka­n menutup acara pada 29 September.

Aher mengungkap­kan, pihaknya membutuhka­n dana Rp 2,3 triliun untuk mendukung penyelengg­araan PON. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun veneu, sarana, dan prasana. Termasuk pembanguna­n jalan senilai Rp 700 miliar.

Kesiapan dana juga tidak menjadi masalah setelah ditandatan­ganinya nota kesepahama­n oleh PB PON dan Kemenpora pada Rabu lalu (31/8). Dana tersebut akan digu- nakan untuk kebutuhan teknis pertanding­an. Sedangkan untuk MoU dana Peparnas 2016, rencananya ditandatan­gani pekan depan. Dana anggaran sekitar Rp 35 miliar bakal menjadi bagian penting untuk menuntaska­n kebutuhan teknis Peparnas 2016.

Ketua Umum KONI Tono Suratman menambahka­n, PON akan menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit atlet yang kelak bisa berprestas­i di kancah internasio­nal. Termasuk Olimpiade. ’’Semakin banyak infrastruk­tur dibangun dengan sendirinya kami mendapat calon atlet berprestas­i,’’ imbuhnya. Soal kesiapan venue, Tono memastikan sudah 100 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia