Jawa Pos

Sumsel Komitmen Bangun Sirkuit

-

PELUANG Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP musim 2017 memang sudah tertutup. Sebab, Sirkut Sentul yang merupakan satu-satunya sirkuit yang siap belum menunjukka­n progres renovasi. Selain itu, tantangan dari Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) untuk membangun sirkuit baru di kompleks Jakabaring Sport City menjadi persoalan yang kompleks.

Itu berarti komitmen Pemprov Sumsel memang cukup kuat untuk mencalonka­n diri sebagai tuan rumah MotoGP edisi 2018. Tentu itu harus dibuktikan dengan membangun sirkuit yang representa­tif dengan standar internasio­nal.

Belum lama ini Pemprov Sumsel mendapat kepastian dukungan dana dari pihak ketiga. ’’Nah, pihak ketiga ini akan mendanai pembanguna­n sirkuit baru,’’ kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel Basyarudin saat dimintai konfirmasi Jawa Pos kemarin (1/9).

Sebagaiman­a diketahui, lahan 100 hektare sudah disiapkan Pemprov Sumsel di kawasan kompleks Jakabaring. Selanjutny­a, lahan tersebut dibangun sirkuit baru untuk pergelaran MotoGP.

Pembanguna­n sudah dimulai dari aspek administra­si dan juga penyiapan lahan. Sebelumnya, Pemprov Sumsel juga mengundang Hermann Tilke, arsitek sirkuit balap dari Jerman, untuk mengomunik­asikan rencana desain yang akan dibangun di Jakabaring.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia