Jawa Pos

Pacu Minat Peneliti Belia

-

SURABAYA – Pertumbuha­n peneliti belia berkualita­s di Surabaya harus terus dipacu. Sebab, banyak ide generasi muda yang spektakule­r. Sayangnya, ambience atau suasana untuk menumbuhka­n minat peneliti belia kurang mendukung.

Pengurus Musyawarah Guru Pembimbing Penelitian (MGPP) Surabaya Angela Christy mengungkap­kan, salah satu problem yang perlu ditangani adalah upaya menumbuhka­n minat siswa. ’’Jadi, sulit ngajak siswa. Kadang mereka ragu idenya bagus atau tidak,’’ katanya dalam pembekalan kepada guru pembimbing kemarin (1/9).

Menurut Christy, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhka­n ambience riset. Salah satunya, guru harus mendengark­an ide-ide gila siswa. Guru harus memberikan semangat, bukan menjatuhka­n mental siswa.

Dia mengapresi­asi minat generasi muda untuk meneliti. Pada 2015, ada 80 sekolah yang berpartisi­pasi dalam lomba peneliti belia (LPB) yang diselengga­rakan Pemkot Surabaya. muda untuk meneliti. Pada 2015, ada 80 sekolah yang berpartisi­pasi dalam lomba peneliti belia (LPB) yang diselengga­rakan Pemkot Surabaya. (puj/c14/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia