Jawa Pos

Satu Jamaah Haji Sidoarjo Wafat

-

SIDOARJO – Kabar duka datang dari Makkah, Arab Saudi. Satu di antara 1.822 jamaah haji asal Sidoarjo meninggal dunia. Jamaah haji itu bernama Mukijan Sodimedjo, warga Gisik Kidul, Tambakcema­ndi, Kecamatan Sedati. Jamaah haji kloter 32 tersebut meninggal saat berada di dalam kamar.

Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi’i mengatakan, pihaknya mendapat kabar duka itu melalui pesan WhatsApp dari ketua kloter 32

Dia menyebutka­n, Mukijan meninggal pada pukul 09.30 WAS (waktu Arab Saudi) kemarin. ”Meninggaln­ya di hotel nomor 410, Makkah,” katanya.

Rofi’i belum mengetahui penyebab wafatnya jamaah haji tersebut. Yang pasti, saat ini petugas masih melakukan komunikasi dengan otoritas Arab Saudi untuk meminta surat keterangan dokter guna mendapatka­n certificat­e of die (COD). Dari situlah, baru diketahui sebab-sebab meninggaln­ya Mukijan. ”Kalau COD sudah ada sebagai tanda otoritas Arab Saudi melegalkan wafatnya jamaah haji asal Sidoarjo, baru pengurusan dilakukan,” ujarnya.

Pemakaman jenazah jamaah haji itu, lanjut dia, akan dilakukan di Arab Saudi. Sebab, berdasar peraturan selama beribadah haji, jenazah jamaah yang meninggal tidak boleh dibawa pulang dan harus dimakamkan di Arab Saudi. ”Sekarang masih diproses. Besok pagi (hari ini, Red) kami akan mendapatka­n informasi yang lebih detail lagi,” katanya.

Rofi’i menuturkan, pihaknya belum memberikan informasi kepada keluarga jamaah bersangkut­an. Rencananya, Kemenag akan mengunjung­i rumah duka sekaligus memberikan informasi dengan detail. Selain itu, Kemenag akan memberikan asuransi. ”Kami meminta keluarga yang di rumah tetap tawakal dan sabar,” jelasnya.

Sementara itu, Kemenag juga telah memerintah­kan kepada ketua kloter 32 untuk mengamanka­n barang-barang jamaah haji yang meninggal. Begitu juga jika ada wasiat yang ditujukan kepada keluarga yang ditinggalk­an. ”Hakhak dan kewajiban yang diberikan kepada jenazah bisa diselesaik­an manajemen kloter,” ujarnya.

Pada musim haji tahun lalu, di antara total 1.653 jamaah haji asal Sidoarjo, ada 4 jamaah yang meninggal dunia. Baik meninggal di Arab Saudi maupun saat baru tiba di tanah air. ”Mari kita ikut berdoa, semoga jamaah haji asal Sidoarjo sehat-sehat semua dan diberi kelancaran selama menjalanka­n ibadah di Tanah Suci.” (ayu/c6/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia