Jawa Pos

Rasakan Berkah Pengobatan Gratis

-

GRESIK – Pengobatan gratis ini sudah ditunggutu­nggu Sudarwati. Sejak 2004 perempuan 43 tahun tersebut menderita diabetes (kencing manis). Dia kerap keluar keringat dingin. Badannya lemas. Setelah mengikuti pengobatan gratis yang diadakan Pelindo III Cabang Gresik, dia lega. Kadar gulanya ”hanya” 180.

” Dulu biasanya sampai 300. Sering lemas dan keluar keringat dingin,” katanya. Wati –sapan Sudarwati– mengaku tidak memiliki riwayat keturunan diabetes. Penyakit muncul karena dia suka sekali minum es yang manis-manis saat udara panas. Waktu menghadiri undangan makan prasmanan, Wati melihat es buah yang segar dan manis. Dia melahapnya.

” tahan. Akhirnya saya coba satu mangkuk,” jelasnya. Setelah makan, kepalanya pusing. Lalu, Wati pun pingsan. Para tamu pun kaget. Mereka mengira keracunan es. ”Padahal, gula darah saya naik,” katanya, lantas tertawa.

Wati kemarin mengikuti pengobatan gratis di PT Pelindo III di Kelurahan Kramat Inggil. Dokter dari RS PHC Suranaya menyebut kadar gula darah dia 180 dan masih terkontrol. Selain Wati, total 5.862 warga memperoleh berkah dari kegiatan sosial pukul 08.00–13.00 tersebut.

Lurah Kramat Inggil Makmun berharap kegiatan tersebut berkelanju­tan. Kalau bisa setiap tahun. Kelurahan Kramat Inggil merupakan kawasan ring satu di sekitar wilayah kerja Pelindo III. Pelabuhan memberikan imbas positif kepada lingkungan. ”Ini bentuk tanggung jawab perusahaan kepada lingkungan di sekitar,” tutur Direktur Umum dan SDM PT Pelindo III Toto Heliyanto.

Toto menjelaska­n, pengobatan gratis itu diadakan di sepuluh kelurahan yang masuk wilayah ring satu. Yaitu, Kelurahan Kramat Inggil, Tlogopojok, Kroman, Lumpur, Kemuteran, Kebungson, Bedilan, Pulopancik­an, Pekelingan, dan Sidokumpul. (adi/c10/roz)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? DISAMBUT WARGA: Dokter RS PHC Surabaya melayani anak-anak, remaja, hingga orang tua yang mengikuti pengobatan gratis oleh Pelindo III di Kelurahan Kramat Inggil. Nggak
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS DISAMBUT WARGA: Dokter RS PHC Surabaya melayani anak-anak, remaja, hingga orang tua yang mengikuti pengobatan gratis oleh Pelindo III di Kelurahan Kramat Inggil. Nggak

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia