Jawa Pos

Lima Besar Berguguran

- TIMOTHY A. CLARY/

NEW YORK – Babak kedua grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2016 memakan korban. Tidak tanggung-tanggung, para petenis dengan nama besar yang tumbang langsung dua. Dari daftar unggulan lima besar pada sektor tunggal putra juga tunggal putri.

Di tunggal putri unggulan ketiga Garbine Muguruza yang harus keluar dari persaingan. Petenis Spanyol itu secara mengejutka­n kalah di tangan ranking ke48 dunia asal Latvia Anastasija Sevastova. Muguruza takluk dua set langsung 5-7, 4-6.

“Dia tampil begitu luar biasa. Apa pun yang kulakukan bisa dia kembalikan dengan pukulan yang tidak masuk akal,” ucap Muguruza dengan nada frustasi dilansir Associated Press.

Hasil ini meneguhkan nasib yang kurang bersahabat bagi juara grand slam Prancis Terbuka 2016 tersebut dalam dua edisi AS Terbuka terakhir. Hasilnya sama, dia selalu tumbang di babak kedua.

Hasil tak kalah menyesakka­n diraih unggulan kelima tunggal putra Milos Raonic. Petenis Kanada itu harus mengakui keunggulan petenis yang berangkat dari babak kualifikas­i Ryan Harrison (AS). Ranking ke-120 dunia itu membuat malu Raonic dengan menumbangk­annya 6-7 (4), 7-5, 7-5, 6-1.

Hasil ini antiklimak­s dengan raihan yang didapat Raonic dalam dua grand slam tahun ini. Di Wimbledon, petenis jangkung itu mencapai final. Sementara di Australia Terbuka dia menjadi semifinali­s.

“Ini gara-gara saya nervous dan tertekan. Awalnya saya juga merasa terlalu percaya diri,” ucap petenis 25 tahun tersebut.

Di lain sisi, ranking satu dunia Novak Djokovic melaju ke babak ketiga tanpa berke_ ringat kemarin. Itu lantaran lawan yang seharusnya dihadapi Djokovic, Jiri Vesely harus mengundurk­an diri karena cedera. Petenis asal Republik Ceko itu mengalami peradangan pada lengan kirinya.

“Saya sangat kecewa dengan kondisi ini,” ucap Vesely kemarin. Di lain sisi, Djokovic sangat diuntungka­n. Apalagi, di pertanding­an pertama dia tampil meragukan saat butuh dua jam lebih menumbangk­an ranking ke-247 dunia Jerzy Janowicz. Di babak ketiga, Djokovic bakal berusaha mengatasi perlawanan petenis Rusia Mikhail Youzhny di babak ketiga. (irr/c10/ady)

 ?? AFP PHOTO - JULIO CORTEZ/AP PHOTO ?? PULANG: Petenis Australia Milos Raonic (atas) dan unggulan ketiga tunggal putri Garbine Muguruza tersingkir dari persaingan AS Terbuka. Mereka kalah di babak kedua kemarin WIB. tryout event
AFP PHOTO - JULIO CORTEZ/AP PHOTO PULANG: Petenis Australia Milos Raonic (atas) dan unggulan ketiga tunggal putri Garbine Muguruza tersingkir dari persaingan AS Terbuka. Mereka kalah di babak kedua kemarin WIB. tryout event

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia